Ritual Bersih Kali Sileng Borobudur Untuk Lestarikan Alam

Dilihat 1623 kali
Masyarakat Pariwisata Saujana Borobudur dan Relawan dalam kegiatan bersih Kali Sileng

BERITAMAGELANG.ID - Masyarakat Pariwisata Saujana Borobudur menggelar kegiatan bersih Kali Sileng, Sabtu (3/4/2021).


Kegiatan tersebut melibatkan 200an Relawan dan masyarakat yang turun langsung membersihkan Kali Sileng dari sampah.


"Masyarakat Pariwisata Saujana Borobudur dibentuk dengan tujuan agar pariwisata Borobudur juga bersinergi dengan masyarakat.


Salah satu bentuk rasa memiliki masyatakat terhadap lingkungan Borobudur adalah menjaga kebersihan Kali Sileng," ucap Panitia Penanggung Jawab Bersih Kali Sileng, Purwadi.


Secara teknis, kegiatan bersih Kali Sileng dilaksanakan menyebar di tujuh titik. Start diawali di Omah Mbudur Jowahan Wanurejo, kemudian menyebar ke tujuh titik tersebut, membersihkan Kali Sileng yang berhulu di Pegunungan Menoreh.


"Debit air Kali Sileng sudah menurun. Sampah diambil secara manual, kemudian dikumpulkan dan dibuang di tempat yang semestinya," terang Purwadi.


Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang, Lono Hartanto, mendukung kegiatan tersebut dengan turut menurunkan anggotanya.


"Dengan kegiatan ini membuat masyarakat semakin handarbeni atau merasa memiliki Kali Sileng," terang Lono.


Seniman dan Pegiat Wisata Borobudur, Nuryanto, menuturkan, rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kelestarian alam Borobudur. Dengan beberapa rangkaian kegiatan sebagai bentuk bakti terhadap Borobudur.


"Kegiatan bakti Borobudur diawali dengan bersih Kali Sileng, kemudian dilanjutkan di Taman Wisata Candi Borobudur, kita bersama mendoakan para leluhur khususnya yang membangun Candi Borobudur.


Kegiatan ini sudah rutin dilakukan selama 15 tahun. Jangan sampai Candi Borobudur hanya sebagai sumber untuk mencari uang saja, tanpa kita mendoakan pembuat candi tersebut," papar Nuryanto.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar