Ribuan Personil Gabungan Amankan Waisak 2563 BE / 2019

Dilihat 130 kali

BERITAMAGELANG.ID - Menjamin kelancaran prosesi ibadah Waisak 2563 Budhis Era (BE) tahun 2019, Polres Magelang siapkan penjagaan berlapis di Candi Mendut hingga Candi Borobudur, Jawa Tengah.

"Kita mengantisipasi dan mempersiapkan untuk menghadapi segala kemungkinan yang ada," kata Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adi Nugroho di sela pemantauan keamanan Waisak, Rabu (15/5).

Pengamanan berlapis itu menurut Yudi sebagai upaya memberikan suasana damai selama perayaan Waisak khususnya dalam mengantisipasi setiap tindakan kriminalitas dan aksi terorisme.

"Sebanyak 1.263 personil gabungan antara Polri dengan instansi lainnya dikerahkan untuk menjaga prosesi peribadatan umat Budha itu," jelasnya.

Pengamanan berlapis itu dilakukan selama satu pekan yakni sejak Selasa (14/5) hingga puncak perayaan Tri Suci Waisak, Minggu (19/5).

"Pertebal kekuatan itu bantuan dari Brimob dan Armed juga kita libatkan," ungkapnya.

Selain Pradagsina (berjalan mengitari candi Mendut dan Borobudur) dan pelepasan lampion, rangkaian prosesi Waisak meliputi pengambilan air suci dari Umbul Jumprit Temanggung dan Api Abadi Mrapen Grobogan.

Ribuan umat Budha dari berbagai daerah diperkirakan akan hadir untuk mengikuti Detik Detik Waisak yang jatuh pada Minggu (19/5) pukul 04.00 WIB di Candi Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar