Ribuan Pelari Ikuti Event Borobudur Marathon

Dilihat 705 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 10.900 pelari ikut dalam Borobudur Marathon 2019 yang dilepas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Taman Lumbini, Kompleks Taman Wisata Candi (TWC), Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/11/2019). 


Sebelum melepas para pelari, Ganjar mengatakan dirinya sangat bangga dengan event Borobudur Marathon yang telah terselenggara setiap tahunnya di Kabupaten Magelang. Ia juga turut menjadi salah satu peserta pada kategori 10 K (lari sejauh 10 km), sementara istrinya, Atiqoh ikut pada kategori Half Marathon (lari jarak 24 km). 


“Ya kali ini saya ikut yang 10 K saja," kata Ganjar, disela-sela akan melepas para pelari di titik start. 


Sedangkan untuk kategori Marathon (lari jarak 42 km) sendiri dilepas lebih awal oleh Ganjar, yakni tepat pukul 05.00 WIB. Untuk diketahui, bahwa jumlah peserta Borobudur Marathon 2019 kali ini sebanyak 10.900 orang, yang berasal dari 35 negara. Ajang lari jarak jauh tingkat internasional ini diikuti sebanyak 300 atlit lari jarak jauh dari berbagai negara, diantaranya, Indonesia, Kenya, Malaysia, dan Australia. 


Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani, mengatakan bahwa, dirinya sangat antusias untuk mengikuti ajang bergengsi tiap tahun ini. Menurutnya, event Borobudur Marathon ini tentu akan sangat berdampak, terutama pada sektor pariwisata di Kabupaten Magelang. 


“Borobudur Marathon ini sangat memiliki multiplayer efect bagi sektor pariwisata di Kabupaten Magelang, salah satunya tempat-tempat hunian ataupun penginapan. Terlebih dari itu, saya juga ikut dalam ajang lari ini pada kategori 10 k" katanya. 


Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengaku dengan adanya event Borobudur Marathon tersebut hunian di wilayah Kabupaten Magelang dan sekitarnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pihaknya akan melakukan kajian ulang dan berkomitmen akan menambah jumlah hunian di wilayah Kabupaten Magelang untuk event Borobudur Marathon tahun 2020 yang akan datang. 


“Satu sampai dua bulan yang lalu, hunian di Kabupaten Magelang dan sekitarnya sudah habis. Jadi nanti saya akan bersama pak Gubernur untuk menambah hunian-hunian di Magelang sehingga bisa memberikan kenyamanan kepada para runner di tahun berikutnya," pungkas Zaenal. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar