Ribuan Pedagang Kaki Lima dan Warung Terima Bantuan Tunai

Dilihat 1544 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sebagai bentuk dukungan bagi pelaku usaha, khususnya sektor usaha mikro di tengah pandemi Covid-19, Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) diluncurkan oleh pemerintah. 


Salah satunya dilakukan di wilayah Magelang, pemerintah menyalurkannya melalui Kodim 0705/Magelang bersamaan dengan pentutupan TMMD Reguler 112 oleh Danrem 072/Pamungkas di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang. Sesuai data, Kodim 0705/Magelang akan menyalurkan BTPKLW kepada 7.500 penerima di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang. 


"Bantuan ini secara spesifik menyasar PKL dan warung yang berada di kabupaten/kota yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 dan Nomor 28 Tahun 2021 serta belum mendapatkan bantuan melalui skema Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)," kata Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, saat dihubungi, Senin (18/10).


Dirinya menjelaskan BTPKLW senilai Rp1.200.000 untuk setiap penerima ini selain sebagai kompensasi atas kerugian ekonomi akibat pembatasan, juga diharapkan menjadi sinyal untuk menggerakkan kembali ekonomi masyarakat di tingkat bawah.


"Saya berharap bantuan ini dapat digunakan untuk modal usaha, tidak dibelanjakan untuk barang-barang konsumtif. Sementara baru sekali ini saja bantuan itu diberikan," lanjutnya.


Salah satu penerima BTPKLW yang setiap harinya membuka usaha warung makan di Kota Magelang, Dewi (43), warga Desa Kembang Kuning Kecamatan Windusari mengatakan bantuan tersebut bisa dijadikan tambahan untuk modal usaha. 


"Ya senenglah, bisa untuk tambahan modal usaha warung," katanya setelah menerima bantuan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar