Relawan Dan Polwan Bantu Kelola Dapur Umum Pengungsian

Dilihat 193 kali
Relawan, Ibu PKK dan Polwan dalam kegiatan Dapur Umum di tempat pengungsian Balai Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Relawan Desa Krinjing Dukun dan Deyangan Mertoyudan, bersama Polwan Polres Magelang, turun langsung memenuhi kebutuhan logistik di Dapur Umum Balai Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan. Saat ini lokasi tersebut menampung pengungsi Merapi dari Desa Krinjing Kecamatan Dukun.


"Yang jelas sangat terbantu dengan adanya relawan dan Polwan, sangat membantu ibu-ibu PKK untuk mengolah logistik bagi pengungsi di Balai Desa Deyangan," ucap Kepala Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan Magelang, Risyanto, Selasa (10/11/2020).


Logistik pengungsi, menurut Risyanto, saat ini masih cukup karena tiap hari ada kiriman logistik dari pemerintah. Meski demikian ada juga kiriman tambahan bantuan logistik dari unsur masyarakat maupun organisasi swasta.


"Saat ini masih mencukupi karena jumlah pengungsinya masih sedikit, 124 pengungsi. Kemudian ditambah sumbangan logistik dari luar, seperti dari warga perorangan dan dari Aisiyah Deyangan, yang membantu logistik makanan dan lauk. Ada pula membantu peralatan mandi seperti sabun dan lain-lain," terang Risyanto.


Kabagsumda Polres Magelang, AKP Budi Suwarni mengungkapkan pihaknya telah mengerahkan personil untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan warga pengungsi.


Para pengungsi berasal dari Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang tersebar di beberapa titik wilayah Kecamatan Mertoyudan dan Muntilan Kabupaten Magelang.


"Polwan siap menjalankan perintah dari atasan dan dalam penugasan di dapur umum akan selalu mengedepankan sikap empati dan humanis.


Banyak warga pengungsi yang usianya di atas 50 tahun, maka Polwan perlu memberikan edukasi dan sosialisasi perilaku hidup sehat serta mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan pengungsian," terang Budi Suwarni.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar