Regu Piket Damkar Kabupaten Magelang Berhasil Padamkan Kebakaran Rumah Di Mungkid

Dilihat 1747 kali
Petugas Damkar Kabupaten Magelang Pada Saat Melakukan Pemadaman Api di Rumah Iwan Setiyadi, Mungkid.

BERITAMAGELANG.ID--Sebuah rumah milik, Iwan Setyadi masuk Dusun Gadingan, Desa Bojong, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang ludes terbakar pada hari Sabtu (22/8/2020) sekira pukul 20.57 WIB. Kebakaran sendiri diduga berasal dari kebocoran tabung gas.


Kronologi kejadian sendiri bermula pada saat terjadi kebocoran pada tabung gas, lalu timbul percikan api sehingga menyulut terjadinya kebakaran. Api pun merambat ke perabotan rumah milik korban. Melihat terjadi kebakaran tersebut warga sekitar langsung melaporkannya kepada petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Magelang.


"Mendapat laporan kebakaran tersebut, regu piket (damkar) langsung meluncur ke lokasi dengan mengirimkan 5 unit mobil pompa, tangki suplai, unit reacue serta ambulance. Alhamdulilah regu piket damkar dibantu, Polsek Mungkid, Koramil Mungkid, BPBD Kabupaten Magelang, PMI Kabupaten Magelang, dan warga sekitar berhasil memadamkan api sekitar pukul 21.50 WIB," terang, Bagian Humas Damkar Kabupaten Magelang, Yoga Subarkah, Minggu (23/8/2020).


Dari data yang telah dihimpun, lanjut Yoga, dugaan sementara kebakaran berasal dari tabung gas yang bocor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Kendati demikian, terdapat sejumlah kerugian secara material kurang lebih mencapai Rp 30 juta akibat kebakaran ini.


"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Regu piket damkar juga berhasil menyelamatkan sebanyak 32 rumah lainnya yang berada di sekitar lokasi kebakaran," jelas Yoga.


Yoga juga berpesan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan waspada saat menggunakan tabung gas, baik pada saat memasak ataupun dalam kegiatan yang lain. Ia menghimbau agar memastikan terlebih dahulu kondisi tabung gas apakah dalam kondisi baik atau mengalami kebocoran pada bagian katupnya.


"Sebisa mungkin pastikan terlebih dahulu kondisi tabung gas sebelum digunakan apakah dalam kondisi baik atau mengalami kebocoran (ngeses) pada bagian katupnya. Apabila mengalami kebocoran sebaiknya jangan digunakan atau ditukarkan terlebih dahulu," pungkas Yoga.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar