Ratusan Personel Gabungan Siap Amankan Borobudur Marathon

Dilihat 420 kali
Rakor pengamanan Borobudur Marathon dipimpin Kapolres Magelang AKBP Ronald Purba, Jumat (13/11/2020) sore.

BERITAMAGELANG.ID - Polres bersama Kodim 0705 Magelang beserta instansi terkait, siap mengamankan Borobudur Marathon 2020. Ratusan personil gabungan akan diterjunkan di sejumlah titik rute event tersebut.


Hal tersebut disampaikan Kapolres Magelang, AKBP Ronal A. Purba saat rapat koordinasi pengamanan kegiatan Borobudur Marathon,   di RM Kampung Ulam, Jumat (13/11/2020) sore. 


“Perlu kita ketahui bersama bahwa Borobudur Marathon saat ini sangat unik, tetapi tetap kita boomingkan dengan personil peserta lari yang sedikit. Tentunya hal ini untuk mengangkat rumah kita ini, Magelang,” ujar Kapolres.


Ia juga berharap tahun depan bisa lebih baik dengan tahun-tahun sebelumnya. Petugas pengamanan harus bertanggung jawab dan memastikan semuanya terkondisi aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.


“Hal ini termasuk pengamanan dalam masa pandemi Covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dan semoga pada pelaksanaan kegiatan nantinya bisa berjalan dengan aman, lancar dan tertib, target yang diinginkan bisa tercapai,” harapnya.


Terkait pengamanan, Kabag Ops Kompol Maryadi menambahkan, kegiatan akan dilaksanakan pada 15 November 2020. 


“Kita akan melaksanakan pengamanan Marathon mulai dari start sampai finish di lapangan Lumbini. Jaraknya 42 km, dengan rute sebanyak 12 kali putaran,” paparnya.


Adapun personel pengamanan, lanjutnya, akan diterjunkan 139 petugas sebagai rincian 125 personel Polres, 14 personel instansi lain ditambah personel Kodim.


“Para pelari putra start mulai pukul 05.00 WIB dan pelari putri mulai pukul 05.15 WIB. Petugas akan disebar di beberapa titik pengamaman,” ujarnya.


Maryadi juga mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan awal dan akhir rute. 


“Untuk petugas pengamanan yang bersentuhan langsung dengan atlet  dilaksanakan tes swab, sesuai dengan protokol kesehatan,” tandasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar