Pelari Fridenship Run Disambut Keramahan Tuan Rumah Magelang

Dilihat 1427 kali
Ratusan pelari Friendship Run di Candi Pawon, Sabtu (16/11/2019)

BERITAMAGELANG.ID - Menjelang Borobudur Marathon, digelar kegiatan lari bersama 'Friendship Run' di Candi Pawon Kabupaten Magelang, Sabtu (16/11/2019). Gelaran yang berlangsung meriah itu untuk mengakrabkan diri dengan masyarakat sekitar


Sekitar 600 pelari turut ambil bagian di Friendship Run 2019 itu. Acara dibuka dengan penampilan seniman tari dan busana dari kesenian adat Jawa Tengah. Start Friendship Run dilangsungkan pada pukul 06.30 WIB.


Menempuh jarak 3,5 kilometer, para pelari disuguhi pemandangan indah dan keramahan warga daerah sekitar Candi Borobudur. Sebagai titik start dan finish Friendship Run ini berada di situs budaya Candi Pawon.


Menurut salah satu panitia Borobudur Marathon 2019, Budiman Tanuredjo, sesuai tema yang diusung yakni 'Sinergi With Harmony' diharapkan menjadi jembatan keharmonisan antara pemerintah, panitia dan masyarakat.


“Kita ingin bersinergi dengan masyarakat. Menciptakan keharmonisan," ujar Budiman.


Peserta Frienship Run juga disuguhi aneka jajanan kuliner di pasar harmoni. Keberadaan 'pasar harmoni' itu guna menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat sekitar Candi Pawon maupun Candi Borobudur.


Selain itu, rangkaian event Borobudur Marathon juga menjadi sinergi dengan semua pihak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal. Di samping itu gelaran ini juga sebagai upaya mengenalkan budaya kearifan lokal ke wisatawan mancanegera.


"Kita menggabungkan itu semua agar Jawa Tengah semakin dikenal di dunia," papar Budiman.


Mulai dari masyarakat lokal, tamu undangan dan Pemerintah Kabupaten Magelang, pihak sponsor, dan warga negara asing menyatu menyemarakkan salah satu agenda jelang Borobudur Marathon 2019 tersebut.


Demikian pula antusiasme peserta Borobudur Marathon sudah terlihat sejak dibukanya sesi pengambilan racepack, Jumat 15 November 2019 di Armada Town Square Mall Magelang, Jawa Tengah.


Ada pun puncak rangkaian agenda Borobudur Marathon tahun ini bakal dilangsungkan Minggu pagi 17 November 2019 di Taman Lumbini pelataran Candi Borobudur Kabupaten Magelang. Terdapat tiga kategori yang dilombakan yakni 10 KM, Half Marathon dan Marathon.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar