Rapat Pleno Ditarget Selesai Tiga Hari

Dilihat 1636 kali
Suasana Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019, pada hari kedua, Sabtu (4/5).

BERITAMAGELANG.ID - Penyelenggaraan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suata Pemilu 2019, oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang, Sabtu (4/5) di GOR Gemilang, berjalan lancar.

Komisioner KPU Kabupaten Magelang Divisi SDM dan Parmas, Dwi Endis Mindarwoko, menegaskan, rapat pleno tersebut harus dapat diselesaikan sesuai target jadwal yakni 3-5 Mei 2019.

"Total terdapat 21 Kecamatan dan harus selesai dalam 3 hari ini. Dikarenakan besuk Senin (6/5) sudah dilaksanakan rapat pleno tingkat provinsi Jawa Tengah.

Pada hari pertama, rapat pleno dapat menyelesaikan 6 kecamatan, pada hari kedua target 10 kecamatan dan hari terakhir tinggal 5 kecamatan," katanya.

Endis menerangkan, waktu yang diperlukan untuk pleno satu PPK/kecamatan rata-rata memerlukan 80 menit, sehingga untuk 21 kecamatan, memerlukan waktu bersih 28 jam. Dalam rapat pleno tingkat kabupaten ini lebih ringkas karena tidak membahas data per TPS, namun global per kecamatan, sehingga tidak ada pengaruhnya baik untuk kecamatan yang mempunyai TPS banyak maupun sedikit.

"Pada hari kedua ini pukul 19.30 WIB sudah memasuki 6 kecamatan dengan target 10 kecamatan. Waktu pleno digelar hingga pukul 00.00 WIB tengah malam.

Tidak teradapat kendala yang berarti terkait dengan data perolehan suara, karena sudah dibetulkan pada rapat pleno tingkat kecamatan," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Mertoyudan, Fathul Mujib, mengatakan, pihaknya turut hadir dalam pleno tingkat kabupaten, guna mendampingi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Bila muncul data yang tidak sama maka PPK dan Panwascam akan ditanya oleh KPU. Dalam pleno ini terjadi beberapa data pemilih yang salah penempatannya, sehingga dibetulkan dengan disaksikan oleh para saksi dari parpol," tutur Mujib. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar