Angka Kemiskinan Kabupaten Magelang Terus Menurun

Dilihat 3088 kali
Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana, memimpin Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Tim Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan Desa Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana memimpin Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Tim Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan Desa di Gedung Sinta Bandongan, Senin (7/10).


Edi Cahyana mengatakan angka kemiskinan di Kabupaten Magelang selama lima tahun terakhir mengalami penurunan sebesar 1,75 % berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.


Pada 2018 menjadi 11,23% turun dari 2014 sebesar 12,98%. Rata-rata penurunan angka kemiskinan selama lima tahun adalah 0,35%. 


Walaupun angka kemiskinan Kabupaten Magelang semakin turun, namun belum sesuai dengan target yang diamanatkan dalam RPJMD tahun 2014-2019, yaitu 9%.


"Guna mencapai target tersebut kami tidak bisa bekerja sendirian, oleh karena itu perlu dukungan dan bantuan banyak pihak terkait," ucap Edi dalam kegiatan yang dihadiri oleh Camat Bandongan, Kaliangkrik dan Kajoran, beserta kepala desa tiga kecamatan tersebut.


Menurut Edi, penanggulangan kemiskinan dengan menggunakan empat prinsip utama yang konperhensif, yaitu perbaikan dan pengembangan sistem perlindungan sosial, peningkatan akses pelayanan dasar, pemberdayaan kelompok masyarakat miskin, serta pembangunan yang inklusif.


"Penanggulangan kemiskinan pada dasarnya bersifat lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan, tidak hanya melibatkan pemerintah tetapi juga pihak non pemerintah, seperti organisasi kemasyarakatan, dunia usaha dan lembaga internasional," imbuhnya.


Untuk mengkoordinasikan kebijakan program penanggulangan kemiskinan di daerah, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 15 Tahun 2010, tentang percepatan penanggulangan kemiskinan, yang mengamanatkan pembentukan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan, baik provinsi, kabupaten dan kota.


"Lembaga ini berfungsi sebagai mitra kerja tim percepatan penanggulangan kemiskinan, yang dibentuk di tingkat nasional," terang Edi.


Dalam kesempatan tersebut Camat Bandongan, Mulyatno, menyampaikan laporan yang telah diupayakan oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan Kecamatan Bandongan, Kaliangkrik dan Kajoran.


Mereka telah berkoordinasi dengan tim Penanggulangan Kemiskinan Desa, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) soal bantuan untuk keluarga miskin. 


"Pemutakhiran data kemiskinan setiap semester. Fasilitasi kebijakan pemerintahan desa untuk penanggulangan kemiskinan melalui anggaran desa," tutur Mulyatno.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar