Rakor Forkopimda Sukseskan Pemilu 2019

Dilihat 1215 kali

BERITAMAGELANG.ID - Rakor Forkopimda dan Forkopimcam Kabupaten Magelang diselenggarakan di Ruang Bina Karya Setda, Senin (15/4/2019). Forum ini diadakan untuk menggalang strategi meraih sukses Pemilu Presiden dan Legislatif 2019. 

Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP mengatakan forum ini merupakan tindak lanjut dari Rakor Forkopimda Kabupaten Kota se Jawa Tengah di Semarang, Jumat (12/4/2019).

"Syukur sampai dengan detik ini Kabupaten Magelang pada suasana yang kondusif, aman dan terkendali. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang harmonis dan sinergitas yang baik dari semua pihak," ujar Bupati.

KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu Kabupaten Magelang selaku lembaga yang mengawasi Pemilu, telah dan sedang melaksanakan kerja keras tahapan Pemilu 2019. Namun ada berbagai potensi kendala yang mengemuka terutama menjelang 17 April 2019. 

"Yang perlu kita selesaikan bersama, yakni peningkatan kewaspadaan deteksi dini potensi kerawanan konflik, benturan massa, intoleransi dan potensi pelanggaran Pemilu.

Gencarkan sosialisasi agar angka keikutsertaan masyarakat tinggi, penguatan komitmen netralitas ASN, penyelenggara dan Bawaslu, peningkatan kewaspadaan munculnya isu SARA, fitnah, ujaran kebencian, hoaks dan praktek money politik," pesannya.

Bupati mengajak semua pihak berkomitmen bekerja secara professional untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang jujur, adil, aman, tertib, terkendali, bermartabat, berkeadilan dan nyenengke terutama di wilayah Kabupaten Magelang.

"Pemetaan dan antisipasi aksi teror dengan mengaktifkan siskamling hingga ke RT/RW, jalin komunikasi dengan tokoh agama, masyarakat, serta optimalisasi peran FKUB, FKPP, FKBI. 

Juga mengawal tahapan-tahapan Pemilu, serta peningkatan koordinasi, komunikasi, kerjasama dan sinergitas antar aparat keamanan," pungkasnya.

Rakor Forkompimda turut dihadiri Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana, SE, anggota Forkopimda, Forkopimcam, Ketua dan pengurus KPU, PPK dan Bawaslu Kabupaten Magelang. Acara diisi dengan paparan kesiapan menghadapi Pemilu dari Kapolres, Dandim, Kajari, dan KPU Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar