Asyiknya Belajar Jurnalistik dari Para Wartawan

Dilihat 1871 kali
Ketua PWI Kabupaten Magelang membuka kegiatan pelatihan jurnalistik di SMPN 1 Kota Mungkid, Senin (26/02)

BERITAMAGELANG.ID - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mungkid ke 34, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang bekerja sama dengan SMP Negeri 1 Kota Mungkid, menggelar Pelatihan Jurnalistik, di Aula SMPN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (26/02).


Pelatihan ini menghadirkan narasumber kompeten di dunia jurnalistik, salah satunya wartawan media BeritaMagelang.id, Yeremia Eka. Remmy, sapaan akrabnya, pada kesempatan kali ini memberikan pelatihan dasar - dasar menulis dengan materi 5W + 1H.


"Dengan menggunakan dasar materi 5W + 1H, diharapkan para siswa mampu menggali pertanyaan - pertanyaan kepada narasumber, sehingga dapat membuat suatu berita dengan data - data yang lengkap serta akurat," terang Remmy di lokasi.


Tidak hanya menulis berita, para siswa juga dibekali dengan pelatihan pengambilan foto jurnalistik, yang dipaparkan Chandra Yoga Khusuma, wartawan Koran Magelang Ekspres.


"Pelatihan foto jurnalistik ini, tujuannya agar siswa dapat mengambil gambar atau moment kegiatan ataupun peristiwa dengan benar dan memberikan caption foto dengan tepat," ujar Chandra yang juga penggemar motor custom ini.


Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memberi pengetahuan dasar mengenai poin - poin penting tata cara penulisan berita, kepada para siswa, yang kini mulai tertarik dengan dunia jurnalistik, khususnya para siswa yang ada di Kabupaten Magelang.


"Tujuannya untuk membimbing dan membekali para siswa yang kini mulai minat dengan dunia informasi, yang akhir - akhir ini mulai menjadi sorotan masyarakat," ujarnya ketika membuka kegiatan pelatihan jurnalistik.


Ratusan siswa tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut. Mereka berasal dari beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Magelang, diantaranya dari SMPN 1 Kota Mungkid, SMPN 2 Mungkid, SMPN 3 Mertoyudan, dan SMPN 1 Borobudur.


Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Mungkid, Winarti, mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut.


"Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut. Saya juga berharap para siswa semakin paham mengenai cara dan etika penulisan jurnalistik, serta menjadi manfaat mana kala nantinya dari salah satu siswa ingin menjadi seorang jurnalis atau wartawan," harapnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar