Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional Kabupaten Magelang

Dilihat 1857 kali
BupatI Magelang Zaenal Arifin, SIP bersama Wakapolres Kompol Eko Mardiyanto, Direktur RSUD Muntilan dr. Syukri dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan melakukan gerakan cuci tangan pakai sabun massal

BERITAMAGELANG.ID - Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 2018 dengan tema ''Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita'' di Kabupaten Magelang diselenggarakan di Lapangan Pemda Muntilan Kabupaten Magelang, Rabu (28/11).

Acara ini diawali dengan Senam Massal diikuti seluruh komponen kesehatan di Kabupaten Magelang, termasuk RSUD Muntilan, Puskesmas, serta Ikatan Profesi Kesehatan dilanjut dengan gerakan cuci tangan pakai sabun.

Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dalam sambutanya mengatakan, pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas yang ditujukan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan kualitas layanan kesehatan, dan akses terhadap pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat. Serta upaya peningkatan manajemen kesehatan melalui patisipasi dan peran serta seluruh masyarakat.

"Sebagai bukti konsistensi Pemerintah Kabupaten Magelang dalam bidang kesehatan, maka telah ditetapkan pembangunan kesehatan sebagai prioritas kedua dari delapan prioritas pembangunan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Magelang tahun 2014-2019," ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemkab Magelang terus meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan.

"Diantaranya adalah fasilitas Puskesmas dari tahun ke tahun selalu ditingkatkan agar pelayanan kesehatan dapat lebih terjangkau oleh masyarakat dan merata hingga pelosok wilayah," terangnya.

Tak lupa Bupati juga mengimbau agar warga Kabupaten Magelang, terus berupaya membentuk perilaku hidup bersih dan sehat.

"Yaitu sikat gigi pagi malam, menu BBSA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman), air minum sehat, toilet sehat dan pengelolaan sampah untuk mencegah penyakit warga sekolah dan masyarakat," imbuhnya.

Ketua Panitia HKN Kabupaten Magelang, dr. Novianto Kurniawan menambahkan, tujuan senam dan cuci tangan massal adalah untuk mengkampanyekan hidup sehat dan bersih yang dimulai dari diri masing-masing.

"Seperti tema HKN tahun ini ''Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita, memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 54 di Kabupaten Magelang kami juga telah meyelenggarakan program sikat gigi massal, cuci tangan pakai sabun, pemeriksaan golongan darah dan pemberian makanan tambahan di SD Pangudi Luhur Muntilan pada 24 November dan menggelar bakti sosial dan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di SMK Abdi Negara Muntilan, pada 23 November yang lalu," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar