Koleksi Buku Perpustakaan Daerah Kabupaten Magelang Kini Makin Beragam

Dilihat 2302 kali
BUKU - Secara simbolis, Direktur Utama (Dirut) PT Intan Pariwara Klaten, Edy Purwono menyerahkan buku kepada Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Magelang, Endra Wacana di kantornya, Senin (16/07)

BERITAMAGELANG.ID - PT Intan Pariwara Klaten, memberikan hibah berupa bantuan buku sebanyak 500 eksemplar dari 400 judul buku ke Gedung Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Magelang.

"Bantuan buku ini, sebagai wujud kepedulian kami dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Diharapkan bantuan buku ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan," kata Direktur Utama (Dirut) PT Intan Pariwara Klaten, Edy Purwono usai menyerahkan buku di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, Senin (16/07).

Secara simbolis, beberapa buku diterima Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang yang juga Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Magelang, Endra Wacana, didampingi beberapa stafnya.

Menurut Edy Purwono, buku tentang pertanian, perikanan dan peternakan yang ia berikan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Magelang, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat di pedesaan. 

"Selain buku pertanian, ada juga buku teknologi sederhana, serta buku keterampilan," katanya.

Buku bacaan tersebut, lanjut Edy, diharapkan juga dapat menambah pengetahuan masyarakat, termasuk buku cerita untuk anak-anak.

Endra Wacana mengapresiasi bantuan buku dari PT. Intan Pariwara yang dapat menambah koleksi di Perpustakaan Daerah. Endra mengaku, saat ini sudah ada sekitar 58 ribu judul buku, namun perpustakaan masih membutuhkan tambahan buku untuk didistribusikan ke perpustakaan-perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Magelang.

"Dengan bantuan buku ini, (diharapkan) dapat mendorong penerbit lain untuk mendonasikan bukunya ke perpustakaan milik Pemkab Magelang ini. Sebab, perpustakaan desa di Kabupaten Magelang, masih banyak yang membutuhkan buku bacaan bagi masyarakat di pedesaan," lanjutnya.

Endra menyebutkan, bantuan buku ini nantinya juga akan didistribusikan ke perpustakaan desa, termasuk 'Muda Bhakti' Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, yang mewakili Jawa Tengah dalam lomba perpustakaan desa tingkat nasional.

Berdasarkan surat Kepala Perpustakaan Nasional, Dewan Juri Tingkat Nasional memutuskan Perpustakaan Muda Bhakti Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, masuk nominasi enam besar klaster A.

"Ada tiga tim juri tingkat nasional yang akan datang dan melakukan penilaian di Perpustakaan Muda Bhakti," tutupnya. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar