Umat Buddha Semayamkan Api Abadi di Candi Mendut

Dilihat 1870 kali
Umat Buddha menggelar upacara pengambilan Api Abadi, Minggu (27/05)

BERITAMAGELANG.ID - Umat Buddha menggelar upacara pengambilan Api Abadi, Minggu (27/05). Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Hartati Murdaya mengatakan prosesi pengambilan Api Abadi merupakan salah satu rangkaian prosesi menjelang hari Raya Waisak.


 "Para bhante, bikhu, dan seluruh umat Buddha akan membacakan doa pada hari ini, hal ini bertujuan untuk menghilangkan sifat sang ego, sifat keakuan, serta sifat kebodohan, untuk nantinya melanjutkan upacara Waisak di Candi Agung Borobudur," kata Hartati.


Api Abadi diambil dari Merapen Grobogan diarak menuju Candi Mendut dan disemayamkan di dalamnya. Selanjutnya umat Buddha melakukan upacara ritual api alam Tri Suci Waisak 2562 BE, serta Puja Bhakti yang dipimpin Bhante Hong Shin, dan diikuti oleh para Sangha, rohaniawan, beserta majelis-majelis agama Buddha.


"Api merupakan sarana puja dan melambangkan suatu penerangan yang mampu menerangi umat dalam segala langkah di kehidupan. Penerangan ini merupakan gambaran sang Buddha yang menerangi umat manusia menuju jalan yang benar," lanjutnya.


Sedangkan, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha, Supriyadi sangat mengapresiasi seluruh umat Buddha dan majelis agama Buddha Indonesia yang telah menyelenggarakan prosesi Hari Raya Waisak 2562 BE.


"Kita berharap, semoga perayaan Waisak tahun 2018 ini bisa membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua," harapnya.

 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar