Program Serbuan Teritorial Media Sinergikan Masyarakat

Dilihat 1564 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin menanam pohon kelengkeng dalam kegiatan Serbuan Teritorial di Desa Podosoko Kecamatan Candimulyo, Sabtu (29/5/2021)

BERITAMAGELANG.ID -  Bupati Magelang Zaenal Arifin berharap, kegiatan Serbuan Teritorial dapat menyinergikan pemerintah daerah, TNI dan rakyat menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi sebagai upaya meringankan beban masyarakat di masa pandemi yang masih melanda. Juga mampu menumbuhkan rasa kesadaran dalam menjaga dan mencegah penularan Covid-19.


Hal itu disampaikan Bupati dalam kegiatan Serbuan Teritorial TNI Korem 072/Pamungkas tahun 2021 di lapangan Podosoko Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, Sabtu (29/5/2021).


Bupati berpesan, di jajaran Pemkab Magelang untuk terus bersinergi dengan TNI dan rakyat untuk menggelorakan semangat merawat persatuan dan kesatuan bagi seluruh elemen.


“Kita harus terus mendorong dan mendampingi masyarakat desa, agar berkreasi serta berinovasi untuk menggali dan mengoptimalkan potensi di desa agar lahir kemandirian usaha sehingga masyarakat desa semakin sejahtera,” katanya.


Menurut Bupati, Serbuan Teritorial ini merupakan salah satu program TNI-AD dalam upaya meningkatkan sekaligus memberikan pemahanan akan pentingnya menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.


Serbuan teritorial di Candimulyo, tidak hanya terfokus pada sasaran fisik, namun juga non fisik, seperti pemberian sembako, penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan serta penyuluhan PPKM Mikro.


Sasaran fisik di Candimulyo, antara lain rehab TPA, masjid dan pengecoran jalan. Untuk desa Ngrajek dan paremono Mungkid, terdapat pengerjaan pengecoran jalan desa sepanjang 3.826,5 meter dan pembangunan talud.


Asrenum Panglima TNI, Laksda TNI Heru Kusmanto dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan Serbuan Teritorial ini bertujuan menyatukan TNI dengan rakyat. Karena TNI berasal dari rakyat.


Kegiatan ini semaksimal mungkin dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat.


“Kita optimalkan bantu masyarakat baik memperlancar akses jalan, sarana ibadah dan sarana lain untuk peningkatan ekonomi. Insyaa Alloh tahun ini dilaksanakan di beberapa daerah di Jawa, saat ini di Magelang, kemudian bulan depan di Jabar tepatnya di Kuningan,” ujarnya.


Sedangkan di luar Jawa tetap diprogramkan, namun karena masih pandemi Covid-19, maka tetap melihat perkembangan situasi di wilayah tersebut.


Usai acara, dilanjutkan dengan peninjauan pameran UMKM dan penanaman pohon kelengkeng jenis Kateki di lapangan desa setempat oleh Asrenum, Bupati Magelang, Dandim 0705/Magelang, Kapolres Magelang dan juga Sekda Kota Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar