Program Rehab Rumah Kini Bisa Dinikmati Warga Borobudur

Dilihat 84 kali
Salah satu toko oleh-oleh di Dusun Brojonalan Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur setelah direhab dalam program dari Kementerian PUPR
BERITAMAGELANG.ID - Warga Dusun Brojonalan Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang saat ini sudah bisa memanfaatkan hasil bantuan rehab rumah dari Kementerian PUPR. Hal ini terkait program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Salah satu warga Dusun Brojonalan, Yulfa, mengatakan, dirinya mendapatkan bantuan rehab rumah dengan desain menyesuaikan kawasan wisata. Dalam desain tersebut juga disesuaikan dengan fungsi rumah sebelumnya.

Rumah Yulfa memiliki toko, sehingga desain rehab rumah juga disesuaikan dengan desain tokonya.

"Saat ini sudah jadi dan bisa untuk berjualan, kebetulan saya jualan sepatu, jadi barang bisa langsung didisplay di toko yang sudah direhab," ucap Yulfa, Jumat (8/1/2021).

Sementara warga lainnya, Asik Suprayogi, menuturkan, bantuan tersebut hanya merehab bagian muka rumah saja. Termasuk toko kelontong miliknya juga mendapat bantuan program tersebut.

"Kebetulan toko saya jalan masuk sebelah barat menuju Candi Pawon, jadi dengan adanya rehab rumah ini membuat rumah warga sekitar Candi Pawon lebih terasa sebagai kawasan wisata," papar Asik.

Asisten Teknis Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Kementerian PUPR, Achjat, mengatakan, semangat program tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas rumah, dan disesuaikan dengan kawasan wisata khususnya Borobudur.

"Roh dari program ini adalah peningkatan kualitas rumah warga baik yang non usaha atau yang dipergunakan untuk usaha. Jadi yang punya tempat usaha seperti warung, toko atau galeri, direhab dengan desain tradisional agar dapat memperkuat suasana kawasan wisata," jelas Achjat.

Ada 15 desa di Kecamatan Borobudur dan dua diantaranya adalah di Desa Mendut dan Ngrajek Kecamatan Mungkid.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar