PLN Peduli Salurkan Bantuan Bagi Bank Sampah Fores Migunani Ngluwar

Dilihat 1637 kali
Bank Sampah Fores (Forum Remaja Sambiroto) Migunani, Dusun Sambiroto, Desa Jamus Kauman, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, mendapat bantuan uang sebesar Rp 27 juta dari program PLN Peduli
BERITAMAGELANG.ID - Bank Sampah Fores (Forum Remaja Sambiroto) Migunani, Dusun Sambiroto, Desa Jamus Kauman Ngluwar, Kabupaten Magelang mendapat bantuan dana sebesar Rp 27 juta dari Program PLN Peduli, Senin (29/6/2020). Dana tersebut digunakan untuk pembelian kendaraan roda tiga sebagai sarana angkutan sampah warga.

Kepala Desa Jamus Kauman, Heri Susanto mengatakan, bank sampah Migunani akan menjadi percontohan pengelolaan sampah, dan masyarakatnya sudah sepakat untuk melakukan kegiatan yang lebih baik.

"Bantuan ini dapat berguna dan bermanfaat terhadap kebersihan lingkungan," harap Heri.

Menurutnya, bank sampah mempunyai dampak yang lebih baik dalam  penanganan sampah, dan memiliki manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertanaman pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Urip Raharto menambahkan, penanganan sampah harus melibatkan masyarakat, pemerintah dan dunia usaha. 

"Ini sangat dibutuhkan, agar penanganan sampah bisa terintegrasi, termasuk Program PLN Peduli yang sudah memberikan bantuan untuk  konservasi lingkungan di sektor penanganan sampah," ujar Urip.

Menurut Urip, bantuan ini jadi bagian dari peran serta dunia usaha. Karena semenjak reformasi, terjadi paradigma, dimana dulu  program dari pusat, tapi sekarang  program diusulkan dari  masyarakat yang berpartisipasi, melalui desa membangun dan membangun desa.

Kebiasaan membuang sampah di saluran air dan bahu jalan, jelas tidak dibenarkan, karena akan mengganggu lingkungan dan masyarakat. 

"Edukasi soal sampah, harus dilakukan melalui kelompok peduli sampah, seperti bank sampah," imbuhnya.

Pejabat PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Salatiga, Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Yogyakarta,  Sudiyarso menyatakan, penyerahan program CSR 2020, merupakan bantuan pengelola sampah melalui sistem bank sampah di bawah Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Sanggrahan Medari PT PLN (Persero) UPT Salatiga, kepada kelompok bank sampah, diantaranya Bank Sampah Fores (Forum Remaja Sambiroto) Migunani, Dusun Sambiroto, Desa Jamus Kauman, Ngluwar.

"Pengelolaan sampah harus dilakukan dengan baik, jangan bakar sampah, karena  sangat mengganggu," pesannya.

PLN juga  mendorong untuk mengembangkan bank sampah dengan lebih  baik, dan pengelolaannya terus ditingkatkan, agar tetap mendapat CSR dari PLN. Untuk itu, bank sampah yang sudah mendapatkan bantuan, bisa memberikan laporan dan penurunan hasil sampah plastik setiap tahunnya.

"Setiap tahun, jumlah sampah plastik harus menurun. Sebab kalau  jumlahnya naik, justru tidak berhasil," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar