Program Literasi Digital 2022, Sasar Kelompok Masyarakat dan I Komunitas

Dilihat 472 kali

BERITAMAGELANG.ID - Kementrian Kominfo RI kembali melaksanakan program Literasi Digital pada Tahun 2022 ini. Namun ada sedikit perbedaan dari Tahun 2021 lalu. Jika tahun kemarin, target sasaran semua lapisan masyarakat dan Aparat Sipil Negara (ASN), untuk tahun ini hanya menyasar pada kelompok masyarakat dan l komunitas.

"Dari evaluasi yang dilakukan terhadap pelaksanaan program yang sama di Tahun 2021 lalu, maka di tahun ini target sasaran sedikit mengalami perubahan. Namun tujuan yang ingin dicapai tetap sama, yakni untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam pemanfaatan teknologi digital secara positif, produktif dan aman," kata Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate, saat memberikan sambutan dalam setiap pembukaan Program Literasi Digital dengan webinar melalui zoom meeting. 

Untuk Kabupaten Magelang sendiri, tahun ini ditargetkan sebanyak 13.533 orang dapat mengikuti program tersebut. Dari target sebesar itu, diharapkan mengikuti 6-8 kegiatan webinar yang dilakukan baik bersama se Jawa Tengah, maupun se-eks Karesidenan Kedu. "Tema yang diambil juga bermacam-macam. Ada yang sudah ditentukan oleh kementrian, ada yang diusulkan oleh temen-temen koordinator kabupaten/kota," kata Koordinator Literasi Digital Kabupaten Magelang, Y Bagyo Harsono, Kamis (28/7/2022).

Untuk Tahun ini, kata Bagyo yang juga ditunjuk sebagai Koordinator Eks Karesidenan Kedu itu, program literasi digital Tahun 2022 sudah dimulai pada akhir Juni lalu dan akan berakhir pada Bulan November mendatang. "Untuk target sasaran setiap kabupaten/kota berbeda-beda. Tergantung jumlah penduduknya. Ada yang dibawah 10 ribu ada yang lebih dari 13 ribu dan sebagainya," ungkapnya.

Disampaikan Bagyo, pada Bulan Juli ini, ada tiga kegiatan literasi digital. Untuk target sasaran komunitasnya, berbeda-beda. "Yang pertama kemarin tentang pemuda dengan target komunitas dari KNPI, Karang Taruna dan organisasi kepemudaan yang lain. Kemudian yang kedua, mengambil tema koperasi sekaligus memperingati Hari Koperasi Indonesia, dengan target komunitas anggota dan pengurus koperasi. Untuk yang ketiga, temanya tentang kesehatan dengan target komunitas adalah tenaga kesehatan," jelasnya.

Untuk webinar yang ketiga di Bulan Juli ini, dilaksanakan Kamis (28/7/2022) pukul 14.00 - 16.00 WIB. Untuk temanya tentang Penerapan TIK dibidang kesehatan, dengan nara sumber meliputi, Akhmad Nasir dari DOTstudio.id. Kemudian Anang Dwi Santoso, Dosen Universitas Sriwijaya dan Indah Wenerda, Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan. Untuk moderatornya, Zacky Ahmad. "Bagi peserta yang mendaftar dan ikut webinar, akan mendapatkan E-Sertifikat, E-money dan beberapa doorprize menarik lainnya," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, drs Endra Endah Wacana sangat mendukung program literasi digital ini. "Kami sangat mendukung dan mengapresiasi program ini. Terus terang, kami menjadi sangat terbantu. Dimana, melalui program ini, masyarakat menjadi semakin cakap digital ditunjukkan dengan kemampuan menggunakan teknologi digital secara positif, produktif dan aman," imbuhnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar