Pramuka Saka Bakti Husada Lantik Kader Siaga Covid-19

Dilihat 1206 kali
Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) melantik Kader Pramuka Siaga Covid-19 di Kwarran Mertoyudan.
BERITAMAGELANG.ID - Melalui Pramuka Saka Bakti Husada (SBH), Pramuka Magelang melantik Kader Pramuka Siaga Covid-19 di Kwarran Mertoyudan, Rabu (27/10), di Rumah Makan Omah Botho Wayuhrejo Pasuruhan Mertoyudan.

Kegiatan tersebut dikemas dalam Sosialisasi Penggerakan Tatanan Sekolah, Dalam Penanganan Covid 19 tahun 2021, yang diikuti Pramuka Penegak perwakilan dari Gudep SMAN 1 Kota Mungkid, SMAN 1 Mertoyudan dan MAN 1 Magelang.

Kegiatan dibuka oleh Kasi Promkes pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, sekaligus Sekretaris Pin Saka Bakti Husada, Aji Bau. Ia menyampaikan hal penting tentang peran masyarakat termasuk pelajar dan Pramuka untuk menanggulangi Covid 19. 

"Melalui Germas Pramuka bisa berperan aktif dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, minimal di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolahnya," ujar Aji.

Kasi Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan Tradisional pada Dinkes Kabupaten Magelang, yang juga menjabat Andalan Cabang Urusan Kesakaan, Bambang, menyampaikan materi tentang peran remaja terutama Pramuka sangat cocok melalui wadah satuan karya atau SAKA yaitu Saka Bakti Husada. 

"Di Saka ini diajarkan materi-materi yang dibagi 6 Krida yaitu Krida bina keluarga sehat, bina lingkungan sehat, bina gizi, bina obat, penyegahan penyakit dan PHBS/perilaku hidup bersih," terang Bambang.

Bambang juga menyampaikan pentingnya memelihara dan menjaga kesehatan di tingkat sekolah, sehingga melalui Pramuka yang tergabung di Saka Bakti Husada lingkungan sekolah terjaga kesehatannya.

"Kader-kader yang ada di tiap sekolah akan mampu mengajak berkampanye hidup sehat, sehingga lingkungan sekolah akan terbiasa menanamkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari hari," jelas Bambang.

Secara teknis pola berlatih yamg disisipi bernyanyi dan bercanda sangat efektif untuk pola pelatihan, yang dipandu oleh Pamong dari Puskesmas Mertoyudan.

Perwakilan dari peserta, Kirana mengaku senang dilibatkan dalam acara sosialisasi dan siap menjadi anggota SBH.

"Saya berharap acara pelatihan dan sosialisasi selalu ada, agar remaja selalu berdisiplin hidup sehat," tutur Kirana.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar