Pramuka Didorong Berperan Hadapi Covid-19

Dilihat 1859 kali

BERITAMAGELANG.ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto membuka kegiatan Perkemahan Wirakarya Cabang Kabupaten Magelang Tahun 2022 di halaman SMK Negeri 1 Salam, Jumat (21/1).


Adi Waryanto mengatakan, Pramuka merupakan sebuah wadah pembentukan karakter, kepribadian, akhlak mulia, penanaman rasa cinta tanah air dan penggalian potensi diri.


Pramuka juga menjadi wadah pembinaan dalam rangka mendedikasikan baktinya di lingkungan masyarakat dengan berbagai kegiatan seperti bakti sosial, bakti fisik maupun non fisik.


"Oleh karena itu, dalam menggali potensi para anak muda bangsa khususnya di Kabupaten Magelang dalam kegiatan Pramuka, saya menyambut baik kegiatan perkemahan ini, mengingat pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Cabang Kabupaten Magelang Tahun 2022 merupakan wadah pembinaan anggota Pramuka dalam aktualisasi potensi individu maupun kelompok untuk menuju kemandirian," kata Adi Waryanto.


Adi menekankan, di masa pandemi, kiprah dan peran serta gerakan Pramuka dalam penanggulangan pandemi Covid-19 ini harus lebih dikuatkan, salah satunya dengan terus mendukung dan ikut berpartisipasi dalam upaya-upaya penanganan pandemi serta dampak yang ditimbulkan.


Menurutnya, gotong-royong dalam penanggulangan dan mitigasi dengan semua unsur masyarakat adalah hal yang sangat penting dan berdampak positif. Hal ini selaras dengan tema yang diusung yaitu 'Bersinergi Melalui Gotong Royong Membangun Kabupaten Magelang Gemilang'.


"Saya melihat ada nilai-nilai gotong-royong dan peduli sesama serta perilaku hidup sehat dan bersih, dimana Gerakan Pramuka harus hadir di tengah masyarakat untuk turut memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara konkret, dengan melaksanakan disinfeksi, disiplin penerapan protokol kesehatan dan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat sosial kemanusiaan,” ujarnya.


“Pada akhirnya anggota Pramuka bisa lebih banyak berperan dalam turut membangun Kabupaten Magelang yang lebih baik dan lebih maju," ungkap Adi.


Ketua Sangga Kerja, Setiya Rahayuning Putri dalam laporannya menjelaskan, Gerakan Pramuka ada pendidikan yang mempunyai tujuan untuk mendidik pemuda Indonesia menjadi tenaga penggerak pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral, berbudi pekerti luhur.


Sementara bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada Perkemahan Wirakarya Cabang 2022 ini antara lain, bakti masyarakat, workshop, seminar serta keterampilan. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 21-23 Januari 2022.


"Sasaran peserta adalah Pramuka penegak Pandega usia 17-25 tahun, dengan jumlah 8 orang/kwartir atau kecamatan dengan alokasi 4 putra dan 4 putri dengan jumlah total 168 peserta," paparnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar