Portal 'Simpati' Mudahkan Akses Informasi UMKM Kabupaten Magelang

Dilihat 2870 kali

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang meluncurkan portal Sistem Informasi Penjaringan Peserta Pelatihan dan Fasilitasi (Simpati), Jumat (05/10).

Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Magelang Drs. Asfuri, M.Si. mengungkapkan portal Simpati bertujuan memberi kemudahan proses pendaftaran pelatihan atau fasilitasi, sehingga meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah ini.

"Intinya aplikasi (portal) ini merupakan inovasi baru yang mempermudah para pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi," ujar Asfuri saat meluncurkan aplikasi Simpati di Aula Disdagkop UKM, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

"Bicara tentang data, kita telah memiliki koperasi sebanyak 500 dan 106.000 UKM. Sedangkan jumlah penduduk di Kabupaten Magelang sendiri sebanyak hampir 1,3 juta. Jumlah UKM sendiri sudah bisa dibilang cukup ideal. Namun, persoalannya tidak semua UKM itu sehat. Kalau separuh saja dari jumlah UKM tersebut sehat, maka akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat," lanjut Asfuri.

Ia berharap, portal Simpati ini dapat memberikan warna baru dalam meningkatkan peran UMKM di bidang pendidikan dan pelatihan.

"Maka ketika aplikasi (portal) ini dapat berfungsi dengan baik, akan berdampak positif, dan multiplayer effect nya adalah kemajuan atau kualitas UKM itu sendiri," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Disperindag Kabupaten Magelang Achmad Ruswanto, SH. menyebutkan salah satu tugas Disdagkop UKM adalah memberdayakan UMKM di wilayah Kabupaten Magelang.

"Jadi salah satu kegiatannya adalah memberikan pelatihan. Dan aplikasi ini dapat digunakan dalam penjaringan peserta pelatihan agar lebih efektif. Dan dari sinilah bisa diketahui pelatihan apa saja yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM," ujar Achmad. 

Ada tiga jenis pelatihan yang bisa diberikan bagi para pelaku UMKM, yakni pelatihan teknis diantaranya cara mengolah makanan, kerajian, dan menjahit. Selain itu ada pelatihan manajerial, yakni manajemen produksi, pelatihan pembukuan sederhana dan strategi pemasaran.

"Dan yang tidak kalah pentingnnya adalah penguatan motivasi kewirausahaan dalam hal AMT (Achievement Motivation Training). Nantinya para pelaku UMKM dapat mendaftar dengan mengakses atau mengunjungi web Simpati di Simpati.magelangkab.go.id," pungkas Achmad.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar