Polresta Magelang Sosialisasikan Anggaran Tahun 2023 Sebesar Rp110 Miliar

Dilihat 702 kali
BERITAMAGELANG.ID - Bupati diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menghadiri kegiatan Pemantauan dan Pendampingan Sosialisasi Alokasi Anggaran Polresta Magelang 2023 di Aula Polresta Magelang, Jumat (2/12/2022). Adi menyampaikan apresiasi kepada segenap jajaran Polresta Magelang, atas upayanya mensosialisasikan Alokasi Anggaran Tahun Anggaran 2023 Polresta Magelang beserta program rencana penggunaannya kepada masyarakat.

Adi mengatakan bahwa 5 program yang telah ditetapkan dalam Alokasi Anggaran Tahun Anggaran 2023 Polresta Magelang dengan nominal sebesar Rp 110.959.838.000 (110 miliar) akan dapat mengakomodir kebutuhan seluruh warga masyarakat di Kabupaten Magelang.

Adapun 5 program tersebut antara lain, program profesionalisme SDM Polri, program penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, program modernisasi almatsus dan sarana prasarana Polri, program pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat dan program dukungan manajemen.

"Kiranya anggaran yang disiapkan nantinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan memprioritaskan kegiatan yang sangat dibutuhkan masyarakat," katanya.

Adi berharap, kegiatan ini akan menjadi sebuah momentum bagi jajaran Polresta Magelang untuk menyatukan visi dan komitmen, dalam rangka meningkatkan pengabdiannya dengan bersama-sama turut mewujudkan Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah (Sedaya Amanah).

Plt Kapolresta Magelang, AKBP Sajarod Zakun mengatakan Sosialisasi Anggaran Polresta Magelang Tahun 2023 ini merupakan salah satu bentuk transparansi tentang alokasi yang diterima oleh Polresta Magelang beserta rencana penggunaannya.

"Dimana dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap mendapatkan arahan, petunjuk, bimbingan serta pendampingan dari tim Rorena Polda Jawa Tengah agar anggaran yang dapat kami gunakan pada Tahun 2023 secara benar dan akuntabel sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata AKBP Sajarod Zakun.

Ia berharap, Alokasi Anggaran Tahun 2023 Polresta Magelang ini dapat mendukung kebutuhan anggaran pada tingkat Polresta sampai dengan Polsek jajaran. Yang mana penggunaan anggaran tersebut dilaksanakan secara profesional, dengan memperhatikan sumber daya input, baik itu SDM, Sarpras, maupun anggaran itu sendiri.

Adi Waryanto memandang, kegiatan sosialisasi ini merupakan sebuah terobosan yang tepat dalam rangka transparansi sekaligus sebuah upaya peningkatan kualitas partisipatif masyarakat dalam perumusan kebijakan dan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan di jajaran Polresta Magelang, sehingga tujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan dan ketertiban masyarakat dapat diwujudkan dengan lebih optimal.

Menurutnya, sebagai alat negara, Kepolisian Republik Indonesia memiliki peranan yang besar dalam menciptakan situasi aman dan tertib, yang tidak hanya dalam skala nasional, namun sampai menyentuh kehidupan masyarakat dalam satuan terkecil. Sehingga, hubungan yang sinergis di antara unsur-unsur Pemerintahan di daerah sangat perlu dilakukan.

"Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran Polresta Magelang yang telah bekerja sama melakukan koordinasi yang baik selama ini dengan menciptakan suasana kondusif, dalam rangka memberikan rasa tenang, terayomi dan terlindungi bagi warga masyarakat Kabupaten Magelang, termasuk kesiapsiagaan jajaran Polresta Magelang dalam penanganan Pandemi Covid-19, kasus peredaran narkoba, kriminal, miras dan darurat bencana alam, serta upaya penegakan hukum secara cepat dan tegas dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Magelang," ungkap Adi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar