Konflik 'Black Campaign', Polda Jawa Tengah Atasi 'Hate Speech' di Media Sosial

Dilihat 1643 kali
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Polisi Condro Kirono menegaskan hingga saat ini tahapan kampanye, baik Pilbup ataupun Pilgub di wilayah Jawa Tengah masih berjalan kondusif.

BERITAMAGELANG.ID - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Polisi Condro Kirono menegaskan hingga saat ini tahapan kampanye, baik Pilbup ataupun Pilgub di wilayah Jawa Tengah masih berjalan kondusif. Hal tersebut ia sampaikan dalam kunjungannya ke Polres Magelang, Sabtu (10/03), terkait Pilkada 2018. 


"Namun demikian, beberapa laporan yang masuk ke Polda terkait adanya berita-berita hoax, kini telah ditangani oleh Cyber Crime Polda. Dan rata-rata berita tersebut kini sudah ditutup," tegas Irjen Pol Condro Kirono, di sela-sela kunjungan ke Polres Magelang siang ini.


Sedangkan terkait Black Campaign yang beredar di media sosial, Kapolda mengatakan, rata-rata saling menyerang antar pasangan calon. Namun demikian, setelah ditindaklanjuti oleh pihak Polda, hal tersebut bisa langsung ditutup dan ditangani dengan cepat.


"Kemudian kita masih menindaklanjuti Hate Speech (penyebaran berita kebencian) mengupload berita-berita yang menimbulkan permusuhan, yakni di Banjarnegara yang masih kita tindak lanjuti," imbuhnya.


Selain itu, lanjut Condro Kirono, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Youtube, untuk menyelidiki lebih lanjut mengenai siapa yang mengupload berita tersebut.


"Jadi belum sampai viral. Kemudian juga semua pasangan calon, semua parpol pendukung paslon, tokoh-tokoh masyarakat di wilayah Jawa Tengah ini telah berkomitmen untuk mendukung Pilkada ini berjalan dengan aman dan damai," pungkasnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar