Polda Jateng Jamin Keamanan Perhelatan G20 di Borobudur

Dilihat 1495 kali

BERITAMAGELANG ID - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Kapolda) Jawa Tengah Irjen. Pol Ahmad Luthfi melakukan pengecekan Pos Pengamanan kegiatan Culture Minister Meeting G20 di Pelataran Heritage Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Senin (12/9/2022).


Sebanyak 1.257 personel gabungan disiapkan Polda Jateng untuk pengamanan rangkaian kegiatan Culture Minister Meeting G20 di kompleks Candi Borobudur. Personel pengamanan tersebut merupakan gabungan dari TNI, polisi, Dishub, BPBD, Damkar, dan Satpocl PP Kabupaten Magelang.


"Pengamanan kita gelar mulai dari pengawalan tamu kedatangan, baik itu buka maupun tutup sampai ke wilayah Magelang," kata Kapolda kepada wartawan saat meninjau lokasi pengamanan acara Kirab Budaya G20 di Pospam Terpadu CMM G20 di Borobudur, Senin (12/9/2022).


Kegiatan para menteri kebudayaan negara peserta G20 itu dijadwalkan berlangsung hingga 14 September 2022. Kunjungan ini merupakan pengecekan keamanan beberapa titik lokasi dalam menyambut kedatangan para delegasi di wilayah Borobudur.


Menurutnya, pengamanan G20 dilakukan dengan terbagi dalam beberapa lapis, seperti zona penginapan, kegiatan dan zona rapat kegiatan.


Di zona tersebut, lanjut kapolda, pengamanan masih terbagi dalam itu beberapa ring/bagian yakni ring 1, 2 dan ring 3.


"Ring satu yakni wilayah di dalam kegiatan, ring dua di luar kegiatan dan ring tiga berada di wilayah luar kegiatan,” ungkapnya.


Secara khusus Jenderal bintang dua Polda Jawa Tengah ini berpesan seluruh personel yang bertugas untuk selalu fokus terhadap seluruh rangkaian pengamanan dan juga rangkaian kegiatan. Hal itu termasuk turut melakukan komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antar satuan sehingga pengamanan dapat berjalan sesuai rencana.


Lebih lanjut dijelaskan Kapolda, pengamanan ini untuk menjamin keamanan para delegasi negara negara yang hadir dalam G20. Sedangkan pengamanan khusus dilakukan di seputar Candi Borobudur karena seluruh rangkaian kegiatan delegasi G20 terpusat di seputar kawasan objek wisata bersejarah tersebut.


Sebelumnya, pihak Kepolisian Daerah Jateng telah melakukan Gelar Pasukan Pengamanan Culture Minister Meeting G20 di Lapangan drh. Soepardi Mungkid, Kabupaten Magelang pada Minggu (11/9/2022). Sedangkan proses pengamanan ini akan berlangsung hingga semua tamu meninggalkan Jawa Tengah yakni pada Rabu (14/9/2022).


Terkait dengan ancaman terorisme, pihak Polda Jateng telah menerjunkan tim dari Gegana Brimob untuk melakukan sterilisasi baik di lokasi tempat menginap hingga lokasi kegiatan berlangsung.


Ditambahkan Luthfi semua proses pengaman telah dilakukan sesuai prosedur mulai dari pengawalan memakai kendaraan, maupun pengawan dari masing-masing delegasi.


Pengamanan maksimal ini jelasnya, diharapkan dapat memberi rasa nyaman kepada para tamu delegasi sehingga mereka mendapat gambaran mengenai budaya Indonesia yang hangat dan nyaman.


"Contoh di hotel di situ masih ada jajaran dengan mendirikan posko di hotel, posko di kegiatan hingga posko gabungan," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar