Jamin Ketersediaan Kantung Darah, PMI 'Jemput Bola' Para Pendonor

Dilihat 2497 kali
PMI Kabupaten Magelang melayani donor darah 24 jam untuk menjaga stok kebutuhan kantung darah.

BERITAMAGELANG.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magelang siap mendukung pelaksanaan musim mudik Lebaran 2019 dalam hal ketersediaan stok kantung darah.

Oleh sebab itu sebelum bulan Ramadhan, PMI Kabupaten Magelang telah giat laksanakan donor darah. Termasuk pada saat bulan Ramadhan PMI tetap melayani donor darah.

"Kami buka 24 jam, pada bulan puasa biasanya sehabis Maghrib ada beberapa pendonor darah datang ke PMI," ucap Staf teknis Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Magelang, Siska, Jumat (24/5).

Selain itu, lanjut Siska, pihaknya juga melakukan jemput bola donor darah pada bulan puasa ini di berbagai tempat.

"PMI jemput bola donor darah ke masyarakat, seperti yang telah dilaksanakan pada bulan ini yaitu donor darah massal sehabis Tarawih di Islamic Center Borobudur, dan di remaja Masjid Kedungombo Candirejo Borobudur.

Dan selanjutnya besok tanggal 29 Mei di Desa Kradenan Kecamatan Srumbung. Selain itu juga dilakukan donor darah di Gereja-gereja," papar Siska.

Adapun untuk persediaan kantung darah golongan A 26 kantung, B 13 kantung, O 99 kantung dan AB 1 kantung alias mengalami krisis.

"Kantung darah golongan AB memang sedikit karena permintaan juga sedikit, dan PMI tetap akan mencari tambahan kantung darah yang kurang.

Untuk permintaan kantung darah terbanyak adalah pasien penyakit dalam, yang memang sudah rutin," ungkap Siska.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar