PLN Beri Bantuan Pasang Baru Listrik Pada 200 Pelanggan Kabupaten Magelang

Dilihat 245 kali
BERITAMAGELANG.ID - PLN Jateng-DIY memberikan bantuan kepada 200 pelanggan di Kabupaten Magelang berupa pemasangan listrik baru 450 VA. Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh General Manager PLN Jateng-DIY, Feby Joko Priharto kepada Bupati Magelang, Zaenal Arifin di Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (22/10/2020).

Hal ini dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional yang jatuh pada 27 Oktober 2020.

Bupati Zaenal sangat mengapresiasi bantuan bagi para pelanggan PLN di wilayah Kabupaten Magelang. Ia berharap bantuan tersebut dapat meringankan dampak Covid-19, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu.

Menurutnya, di masa Pandemi sekarang ini berbagai sektor di Kabupaten Magelang telah terkenda dampaknya, tidak terkecuali pariwisata dan UMKM. Maka melalui bantuan ini, diharapkan setidaknya bisa memberikan keringanan bagi para pelaku usaha baik di bidang pariwisata, UMKM maupun yang lainnya. 

"Saat ini kami juga sedang berbagi stimulus ekonomi. Mungkin dinas terkaitnya (Disdagkop UKM) juga sedang pusing karena pengajuan dari masyarakat sangat luar biasa. Yang jelas kami akan melakukan segala upaya untuk mengurangi dampak Covid-19 bagi masyarakat Kabupaten Magelang," pungkas Zaenal.

General Manager PLN Jateng-DIY, Feby Joko Priharto menyebutkan, masih terdapat kurang lebih 11.000 KK di Kabupaten Magelang yang belum teraliri listrik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya lokasi terletak jauh dari jaringan PLN, berbatasan dengan kawasan hutan, serta hunian baru yang berada di area perkebunan.

Di tahun 2020 ini, PLN sudah memberikan bantuan pemasangan listrik gratis 450 VA di wilayah Kabupaten Magelang sebanyak 1.659 unit dengan total biaya sebesar Rp 1,2 miliar. Selain itu, PLN juga memberikan bantuan stimulus dalam rangka mengurangi dampak Pandemi Covid-19.

"Terkait Pandemi Covid-19, PLN memberikan bantuan stimulus berupa penggunaan listrik gratis pada pelanggan 450 VA, tidak bayar sampai dengan bulan Desember. Sedangkan bagi pelanggan 900 VA hanya membayar 50 persen dari tagihan rata-rata per bulan," ungkap Feby.

Lanjut Feby, penerima bantuan stimulus di Kabupaten Magelang sendiri saat ini tercatat mencapai 146.000 KK lebih, dengan nilai mencapai Rp3,9 miliar. Rencananya, pemberian bantuan stimulus dalam rangka mengurangi dampak Covid-19 ini akan terus ditambah hingga Desember mendatang. 

Selain kepada pelanggan rumah tangga, bantuan stimulus tersebut juga diberikan kepada pelaku bisnis dan industri (UMKM) yang juga terdampak Covid-19. 

"Hari ini (22/10/2020) kita akan melaunching bantuan listrik gratis kepada masyarakat di Kecamatan Salaman ada 87 unit, kemudian Tempuran ada 70, Kajoran ada 22, dan Mertoyudan, Windusari, Secang, Bandongan dengan totalnya 200 unit," paparnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar