PKK Kabupaten Magelang Buka Kesempatan Donasi Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Dilihat 3247 kali
BERITAMAGELANG.ID - Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang berinisiatif membuka kesempatan donasi untuk membantu warganya yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayahnya. 

Donasi diterima dalam bentuk uang dan barang yang dapat dikirimkan melalui nomor rekening BNI atas nama Siti Juariyah 0824873605. Sementara donasi barang dapat dikirimkan ke kantor PKK Kabupaten Magelang di jalan Soekarno Hatta Kota Mungkid.

Donasi dari masyarakat akan diberikan kepada warga Kabupaten Magelang yang membutuhkan, terutama yang terdampak Covid-19 seperti keluarga difabel yang menjadi tulang punggung keluarga namun tidak bisa bekerja saat ini, lansia, juga termasuk nutrisi bagi paramedis.

Para pedagang kecil, tukang becak, ojek yang penghasilannya kurang. Bisa juga guru-guru PAUD yang termasuk tidak mampu.

"Intinya yang kena dampak, belum masuk BDT (Basis Data Terpadu), yang betul-betul layak disantuni, kami upayakan tepat sasaran betul," ujar Ketua PKK Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin saat dihubungi Jumat (3/4/2020).

Pihaknya ingin memberikan kontribusi maksimal dalam penanganan pandemi Covid-19. Gerakannya ini pun mendapat sambutan positif dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) di Kabupaten Magelang seperti Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan sebagainya.

"Mereka setuju untuk membantu terselenggaranya program sosial ini," lanjutnya.

Tanti menuturkan, barang-barang yang dibutuhkan untuk didonasikan meliputi bahan makanan, sembako, juga kebutuhan lainnya. 

Dalam kegiatan sosial ini Tanti ingin mengajak masyarakat bergerak bersama, saling peduli pada sesama tanpa melihat nilai donasi yang diberikan. Namun lebih kepada nilai gotong royong dan empati antar sesama.

"Kita sudah sangat bersyukur dalam kondisi seperti ini kita masih diberikan kesehatan, masih bisa mencukupi kebutuhan dibandingkan mereka yang merasakan dampak Covid-19," ajaknya.

Dalam kesempatan ini Tanti juga tidak lupa mengimbau masyarakat untuk mengikuti imbauan pemerintah yang selama ini sudah masuk dalam program pokok PKK, seperti cuci tangan pakai sabun, pola hidup bersih dan sehat, serta Hatinya PKK tentang bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan di rumah.

"Dalam kondisi seperti ini kita sudah bisa memanfaatkan apa yang kita tanam sebelumnya, jadi tidak perlu keluar rumah. Dengan tanaman tersebut kita bisa memenuhi gizi, makan seimbang untuk meningkatkan nutrisi, imunitas.

Di saat kondisi seperti ini program pokok PKK menjadi terasa manfaatnya untuk kita semua," pungkasnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar