PKK Desa Ketep Wakili Kabupaten Magelang Lomba Tingkat Provinsi

Dilihat 2239 kali
Pelayanan tes IVA oleh Tim Penggerak PKK Desa Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (18/09)

BERITAMAGELANG.ID - Menyusul keberhasilannya dalam lomba gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga-Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK-KKBPK) Kabupaten Magelang, Desa Ketep Kecamatan Sawangan maju dalam lomba serupa tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, masuk dalam nominasi enam besar bersaing dengan Kabupaten Pemalang, Karanganyar, Rembang, Wonogiri dan Banyumas.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Drs. Endra Endah Wacana mewakili Bupati menerima enam orang tim penilai yang diketuai Suyati Buntarno. Tim penilai melakukan penilaian secara langsung program-program kegiatan Tim PKK-KKBPK Desa di halaman Desa Ketep, Selasa (18/09) guna mencocokan data yang dikirimkan saat awal lomba. Beberapa kegiatan yang dinilai, yakni Pelayanan KB Kesehatan, Pemeriksaan Tes IVA, Posyandu Terintegrasi, Kegiatan Bank Sampah, Bina Keluarga Lansia dan Kampung KB.

Dalam sambutan Bupati Magelang yang dibacakan Pj. Sekda menyatakan saat ini Kabupaten Magelang terus bekerja keras berupaya meningkatkan kualitas kader-kader Posyandu, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan kader Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja.

"Kemudian meningkatkan kualitas jangkauan pelayanan kesehatan program KB serta IVA tes; meningkatkan kuantitas dan kemandirian Posyandu yang terintegrasi dengan PKB dan PAUD; pemberdayaan bank sampah serta pencanangan Kampung KB di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang. PKK juga telah memberikan secara maksimal dukungan terhadap upaya mengangkat derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," demikian disampaikan dalam Sambutan Bupati Magelang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin menyebutkan PKK Desa Ketep saat ini patut menjadi percontohan.

"Karena mampu masuk penilaian untuk berkesempatan menjadi juara PKK Desa di tingkat Propinsi Jawa Tengah, harapannya sih menjadi juara atau menjadi yang terbaik," harap Tanti. 

Tim penilai disambut meriah dengan penampilan kesenian dari warga dan anak-anak. Turut hadir dalam acara ini anggota Forkopimda, Forkopimcam Sawangan, anggota PKK Desa, dan kelompok-kelompok kegiatan desa.

 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar