Pilkades Kabupaten Magelang Terpantau Aman dan Kondusif

Dilihat 1887 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2018 di wilayah Kabupaten Magelang digelar hari ini, Minggu (14/10). Jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang pun melaksanakan giat pemantauan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bupati, Pj Sekda, Kapolres, Dandim 0705/Magelang, Wakil Ketua DPRD, dan Kepala Satpol PP Kabupaten Magelang, melakukan pemantauan pertama di TPS Adikarto, Kecamatan Muntilan.

Di TPS Desa Adikarto terdapat dua calon Kepala Desa, jumlah DPT mencapai 2.500 orang. Sedangkan pada TPS di Desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar, terdapat 4 calon Kepala Desa dan jumlah DPT 4.016 orang.

Dari hasil pantauan, Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP. mengatakan, sejauh ini proses pemilihan Kepala Desa di Desa Adikarto dan Desa Ngluwar berjalan tertib dan kondusif.

"Kita memantau secara seksama pelaksanaan Pilkades di tahun 2018 ini. Ada 50 desa di 16 Kecamatan yang ikut dalam Pilkades tahun ini, namun ada satu desa yang gagal di Kecamatan Tempuran karena hanya ada satu calon. Ada dua titik yang kita sampel, yakni Desa Adikarto dan Desa Ngluwar. Alhamdulilah semuanya berjalan dengan baik dan lancar, serta kita pastikan tidak ada intimidasi, money politic, dan semuanya dilaksanakan dengan penuh kegembiraan," ujar Bupati, di sela pemantauan di TPS Desa Ngluwar, bersama Forkopimda Kabupaten Magelang.

Zaenal melanjutkan, pemungutan suara akan ditutup pukul 13.00 WIB. Setelah jam 13.00 WIB, petugas akan langsung melakukan penghitungan suara.

"Himbauan kepada masyarakat yang khususnya melakukan Pilkades ini, untuk melaksanakan dengan penuh kegembiraan. Siapa saja yang nanti terpilih, maka masyarakat harus dapat tetap legowo, dan berkewajiban untuk mendukung penuh siapa yang menjadi Kepala Desa ini," lanjut Bupati.

Kapolres Magelang, AKBP Hari Purnomo, dalam kesempatan tersebut mengamini, sejauh ini proses pemungutan suara di TPS Adikarto dan TPS Ngluwar berjalan aman dan kondusif.

"Kami dari pihak TNI dan Polri telah melakukan pengamanan di setiap TPS secara all out. Jumlah personil yang diterjunkan kurang lebih sebanyak 800 personil gabungan. Kami juga telah mengantisipasi kerawanan-kerawanan seperti money politic, intimidasi, dan perjudian melalui Tim khusus yang telah kami bentuk, yakni Tim Kejar Botoh Nakal," jelas Kapolres.

Pada kesempatan yang sama, Pj Sekda Kabupaten Magelang, Drs. Endra Endah Wacana mengungkapkan, menurut pemantauan pada saat ini, TPS yang melaksanakan Pilkades masih berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan.

"Jadi sebenarnya kami juga memantau di TPS lainnya secara tidak langsung, tidak hanya di dua TPS saja. Dan hingga saat ini masih berjalan dengan lancar. Harapannya ini masih ada waktu hingga pukul 13.00 WIB, maka silahkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan tanpa adanya tekanan dan intimidasi, untuk memilih pemimpin yang terbaik," pungkas Endra.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar