TNI, Polri, dan ASN, Berkomitmen Jaga Netralitas Pilkada

Dilihat 557 kali
Apel Besar Tiga Pilar Garda Terdepan Kamtibmas Kabupaten Magelang, di Lapangan Soepardi, Kota Mungkid, Rabu (18/04).

BERITAMAGELANG.ID - Jelang Pilkada 2018, Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo kembali menegaskan TNI, Polri, dan ASN, harus selalu menjaga netralitas. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kapolres saat memimpin Apel Besar Tiga Pilar Garda Terdepan Kamtibmas Kabupaten Magelang, di Lapangan Soepardi, Kota Mungkid, Rabu (18/04).

"Tiga pilar garda terdepan ini, termasuk Kades, Lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, mereka ini merupakan pelucut-pelucut kita yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Maka dalam pelaksanaan tugas itu, harus dapat bersinergi, bekerjasama, solid, dan tidak bisa bekerja sendiri-sendiri," ujar Hari.

Oleh karena itu, lanjut Hari, pihaknya menginisiasi kegiatan apel besar ini untuk makin mengakrabkan silaturahmi.

"Bahwa kita adalah satu," tegasnya.

Hari menjelaskan, secara umum kondisi Kamtibmas pada Pilkada 2018 di wilayah Kabupaten Magelang hingga saat ini cenderung aman dan kondusif. Kendati demikan, di beberapa media sosial atau dunia maya, telah terjadi gesekan ataupun percikan.

"Tapi hal tersebut tidak signifikan, dan tidak berpengaruh pada dunia nyata. Artinya masyarakat Kabupaten Magelang sudah semakin cerdas dan santun, sehingga tidak terpengaruh provokasi-provokasi di dunia maya," terang Hari.

Berdasarkan laporan atau data dari Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Magelang selama ini, belum ada pelanggaran-pelanggaran yang bersifat pidana dalam Pilkada kali ini.

"Ya hanya pelanggaran-pelanggaran yang sifatnya seperti pemasangan alat-alat peraga, dan pelaksanaan kampanye yang sifatnya hanya pelanggaran peraturan, dan sudah mendapatkan teguran," lanjut Hari.

Terkait netralitas Pilkada, sekali lagi Hari menghimbau kepada seluruh penjaga dan pengawal Pilkada untuk tetap bersifat netral.

"TNI, Polri, dan ASN, itu wajib hukumnya untuk netral. Netralitas bagi kami adalah komitmen dan kehormatan," pungkas Hari.

Apel Besar Tiga Pilar ini diikuti sekitar 500 Anggota TNI, Polri, dan ASN dari seluruh wilayah Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar