“Pil Cantik” Kurangi Anemia Remaja Putri

Dilihat 1842 kali
Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Handayani Zaenal Arifin saat membagikan Pil Cantik kepada siswi peserta Gebyar Minum Pil Cantik Remaja Putri Cegah Stunting Sejak Dini "GEMPITA CANDI"

BERITA MAGELANG.ID-Untuk meningkatkan kualitas generasi penerus menjadikan generasi emas Magelang (GEMILANG) dan menurunkan angka stunting serta dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2022, Puskesmas Candimulyo menyelenggarakan Gebyar Minum Pil Cantik Remaja Putri Cegah Stunting Sejak Dini "GEMPITA CANDI". Acara dibuka oleh bunda Genre yang juga sebagai ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifinm, pada Rabu 14/12/2022 di aula SMP Negeri  1 Candimulyo.

Puskesmas Candimulyo adalah salah satu contoh puskesmas yang peduli akan siswi-siswi pelajar di wilayah Candimulyo agar tidak mengalami kekurangan darah dengan rutin minum Pil Cantik seminggu sekali.

"Saya sangat mengapresiasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang khususnya Puskesmas Candimulyo yang sudah menginisiasi kegiatan hari ini yang harapanya dapat memberikan motivasi untuk kita semua dalam berperan menurunkan angka stunting," ungkap Christanti Handayani Zaenal Arifin.

Anemia sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut.

"Riset kesehatan dasar Tahun 2018 menunjukan bahwa anemia pada anak usia 5-14 tahun tercatat sebesar 26,84 dan usia 15-24 tahun sebesar 325. Hal ini berarti sekitar 3 dari 10 anak di Indonesia menderita anemia," tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang dr. Sunaryo dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan Gebyar Minum Pil Cantik Remaja Putri Cegah Stunting Sejak Dini "GEMPITA CANDI" murni kegiatan yang diprakarsai oleh puskesmas.

"Betul-betul ini dari Puskesmas Candimulyo, kami dari dinas hanya mengapresiasi dan melaksanakan koordinasi dan kami berharap kegiatan seperti ini akan terlahir dari puskesmas-puskesmas yang lain," jelasnya

Gebyar Minum Pil Cantik Remaja Putri Cegah Stunting Sejak Dini "GEMPITA CANDI" tersebut diikuti oleh siswi-siswi pelajar SMP dan SMA sederajat di Kecamatan Candimulyo.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar