Petugas Kehumasan Dituntut Proaktif Bangun Citra Pemkab Magelang

Dilihat 62 kali
Pj. Sekda Kabupaten Magelang, Drs. Endra Endah Wacana, MM. saat membuka Rakor Bakohumas di ruang Bina Praja Setda, Kamis (11/10)

BERITAMAGELANG.ID - Petugas Humas yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang diminta lebih proaktif guna mengembangkan, menggali, serta menjual informasi kepada masyarakat dengan baik. Dalam hal ini Petugas Humas diminta harus keluar dari rutinitas dan merubah mindset. Demikian disampaikan Pj. Sekda Kabupaten Magelang, Drs. Endra Endah Wacana, MM. di sela Rakor Bakohumas di ruang Bina Praja Setda, Kamis (11/10).

"Dalam rangka mengembangkan Kabupaten Magelang, sangat dibutuhkan SDM yang inovatif dan kreatif, namun juga menjaga originalitas. Bukan pencitraan, namun berdasarkan fakta atau kenyataan. Semua harus apa adanya dan natural. Dengan demikian, kita baru bisa mewariskan sejarah yang baik kepada anak cucu kita nantinya," ujar Pj Sekda di sela Rakor yang diselenggarakan Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Magelang.

Menurut Endra, selama ini kontribusi Petugas Humas di wilayahnya masih minim, terkait pemberitaan dan informasi yang mendukung branding di Kabupaten Magelang.

"Kita harus merubah mindset. Mari kita budayakan kerja, kerja, dan kerja. Jangan sampai kalah dengan masyarakat dalam menyampaikan informasi, terutama di media sosial. Segala potensi dan dinamika yang ada di wilayah Kabupaten Magelang harus diinformasikan. Termasuk juga potensi wisata alam, seni budaya, dan yang lainnya," tegasnya.

Rakor Bakohumas menghadirkan dua narasumber, yakni Staf Khusus Gubernur Jawa Tengah, Habibi Kurniawan, SIP., MIP., dan Pranata Humas Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Fany Rachmawati, A.Md. Dalam kesempatan ini, mereka menyampaikan materi tentang 'Tantangan Pemerintah Dalam Mengadopsi Kegunaan Media Sosial' dan 'Giat Menulis Berita'.

"Perkembangan teknologi tidaklah mungkin dilawan, namun harus kita ikuti. Karena perkembangan teknologi terbukti jauh lebih mudah, murah, dan cepat. Perkembangan teknologi sekarang ini, sudah lebih jauh menguntungkan dibandingan cara-cara menyampaikan informasi di zaman sebelumnya," kata Habibi.

Sedangkan, Fany Rachmawati, yang juga Redaktur portal media Pemkab 'Berita Magelang' memberikan materi tentang sembilan nilai berita yang perlu dicermati.

"Suatu hal itu layak diliput dan diberitakan jika mengandung nilai penting, aktual, unik, proximity (kedekatan), ketenaran, magnitude (kekuatan), human interest (berhubungan dengan kemanusiaan), selain itu juga ada konflik di dalamnya. Satu lagi, tulisan kita akan enak dibaca jika mengikuti trend di masyarakat," imbuh Fany.

Sebanyak 60 Petugas Kehumasan dari SKPD dan Kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang tampak antusias mengikuti Rakor Bakohumas kali ini. Di akhir kegiatan, para peserta pun aktif berinteraksi dalam sesi tanya jawab bersama para narasumber. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar