Petugas Gabungan Gelar Patroli Di KRB III Merapi

Dilihat 62 kali

BERITAMAGELANG.ID - Petugas gabungan dari unsur Polri, TNI, dan Satpol PP Kabupaten Magelang menggelar patroli di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi. 


Patroli dipimpin Kabag Ops Polres Magelang Kompol Maryadi meninjau sarana dan prasaran guna persiapan pengungsian serta memberikan sosialisasi kepada warga di kawasan tersebut.


"Patroli kali ini kami telah melakukan pengecekan jembatan sungai Nglamat dan Senowo yang merupakan salah satu jalur pengungsian, serta kandang ternak bersama dan kesiapan armada secara swadaya dari masyarakat untuk sarana mengungsi," ujar Kompol Maryadi di sela patroli gabungan di KRB III, Sabtu (21/11/2020).


Dari hasil wawancara dengan warga di KRB III, lanjut Kompol Maryadi, mereka sudah siap mengungsi jika terjadi peningkatan aktivitas Merapi sambil menunggu perintah dari petugas dan rekomendaasi dari BPPTKG.


"Untuk kesiapannya warga telah mengumpulkan surat-surat penting, hewan ternak sudah dijadikan satu dalam kandang, dan kendaraan pengangkut sudah siap di pinggir jalan, dan wargapun sudah meningkatkan ronda malam," jelasnya.


Kapolsek Dukun Iptu Suyanto menambahkan, dengan meningkatnya aktivitas Merapi, polsek setempat setiap hari meningkatkan patroli di desa Kawasan Rawan Bencana guna memberikan sosialisasi.


"Warga masyarakat yang berada di Dusun tersebut tetap beraktivitas seperti biasa, namun tidak meninggalkan kesiapsiagaan bilamana Merapi meningkat dan untuk segera mengungs," imbuhnya.


Patroli yang ia lakukan tidak hanya siang namun juga malam hari sehingga masyarakat akan lebih tenang dan bisa selalu mendapatkan informasi perkembangan aktivitas Merapi.


Rute sasaran patroli gabungan kali ini diawali dari Mapolsek Dukun menuju Dusun  Gemer  Ngargomulyo, pengecekan Dusun Tangkil Gereja Santo Paulus (Gereja terpencil paling atas), jembatan Kali Nglamat sungai berhulu Merapi, Dusun Karanganyar, Balai Desa Keningar, kandang hewan ternak masyarakat Desa Keningar, jembatan Muntuk Sungai Senowo yang berhulu Merapi jarak 6 Km, serta pengecekan kendaraan untuk persiapan mengungsi di Dusun Trono Krinjing, dan Pos Pemantauan Gunung Merapi Babadan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar