Petugas Gabungan Evakuasi Material Tebing Longsor Bondowoso Mertoyudan

Dilihat 1178 kali
Petugas gabungan dalam penanganan evakuasi material longsor di jalan alternatif di Gedongan Kulon Rt 05 Rw 08 Desa Bondowoso Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

BERITAMAGELANG.ID - Petugas bersama masyarakat mengevakuasi material tebing longsor di jalan alternatif Desa Kalinegoro - Desa Bondosowo, tepatnya di Dusun Gedongan Kulon Rt 05 Rw 08 Desa Bondowoso Mertoyudan Kabupaten Magelang, Senin (26/10/2020).

Tanah milik Mahmudi, warga Dusun Gedongan Kulon Rt 05 Rw 08 Desa Bondowoso, mengalami longsor pada pukul 03.15 WIB, dan material longsoran menutupi jalan kampung yang menghubungkan Desa Bondowoso dan Desa Kalinegoro, yang merupakan jalan alternatif menuju Mertoyudan.

Longsoran tersebut diakibatkan hujan intensitas tinggi pada malam sebelumnya. Hujan tersebut mengakibatkan tebing longsor dengan tinggi 4 meter panjang 5 meter dan ketebalan 2 meter menutup akses jalan. Material lonsor berupa bambu dan tanah. Namun, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Babinsa Desa Bondowoso, Serka Fahrur, mengatakan, penanganan evakuasi tanah longsor, dilakukan oleh petugas gabungan, mulai dari unsur TNI, Polres, PLN, BPBD Kabupaten Magelang dan masyarakat setempat.

"Material longsoran berupa rumpun bambu mengenai jaringan listrik, dan petugas PLN langsung menanganinya.

Selain itu petugas gabungan menyingkirkan rumpun bambu yang longsor dari atas tebing, dengan menggunakan berbagai peralatan manual," ucap Serka Fahrur.

Evakuasi tersebut dilaksanakan pagi hari, akses jalan sementara dialihkan ke jalan dusun karena jalan tersebut cukup ramai sebagai akses jalan alternatif masyarakat sekitar menuju Mertoyudan dan sebaliknya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar