Petugas Atasi Kebakaran di Artos Mall

Dilihat 626 kali

BERITAMAGELANG.ID - Insiden kebakaran terjadi di area kitchen Grand Artos Hotel Magelang, Jumat (07/09). Kebakaran diduga akibat tekanan tabung gas sehingga menyebabkan ledakan dan menimbulkan api yang semakin membesar hingga ke area pusat perbelanjaan.

Alarm kebakaran pun dibunyikan di seluruh area pusat perbelanjaan. Ratusan karyawan berhamburan keluar gedung guna melakukan proses evakuasi pengunjung melalui tangga darurat. 

Beruntung, insiden tersebut hanya terjadi dalam simulasi penanganan kebakaran di lingkungan pusat perbelanjaan.

"Simulasi dilakukan sebagai bentuk nyata kepedulian dan jaminan keselamatan pengunjung serta untuk mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan seluruh karyawan terhadap bencana kebakaran yang bisa terjadi kapan saja," kata Kepala Unit Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran pada SATPOL PP DAN PK Kabupaten Magelang, Heri Prawoto.

"Kami memberikan pemaparan materi dan pelatihan apabila terjadi kebakaran. Materi yang diberikan berupa cara penanggulangan kebakaran dengan alat ringan (karung basah), alat pemadam api ringan (APAR) dan selang air yang berasal dari hydrant," papar Heri di sela kegiatan simulasi.

Penanganan pertama, lanjut Heri, langsung dicari sumber api lalu mengevakuasi seluruh karyawan maupun pengunjung.

"Tak lupa, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) kami berikan kepada korban insiden kebakaran kali ini," imbuh General Affair Head Artos Mall, Eko Alfi.

Sementara Public Relation Artos Mall, Amalia Mahdhiani menambahkan, seluruh karyawan juga diberikan informasi dan gambaran mengenai penanganan apabila terjadi kebakaran dikarenakan kompor gas yang bocor ataupun tidak terawat. 

"Simulasi tanggap darurat kebakaran ini diadakan secara rutin enam bulan sekali di area Artos Mall," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar