Petani Tembakau Optimis Harga Panen Tinggi

Dilihat 2923 kali
Petani di Congkrang Muntilan Kabupaten Magelang panen tembakau

BERITAMAGELANG.ID - Sejumlah petani tembakau di Desa Congkrang, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang bersemangat di musim tanam kali ini. Selain karena cuaca bersahabat, hama pengganggu tanaman juga minim.


Salah satunya petani, Muhadi, mengatakan bahwa dengan kualitas tembakau saat ini, ia optimis harga jual tahun ini akan tinggi. 


"Hasil panen lumayan bagus, sepertinya harga tembakau kering rajang terbaik akan seperti tahun lalu Rp 120.000/kg," harapnya.


Harga daun tembakau dari ladang saat ini di kisaran Rp 4.000/kg.


Petani berusia 55 tahun ini memanfaatkan lahan sawah tadah hujan seluas 400 meter. Ia juga yakin jumlah panen akan melimpah berdasar cuaca panas terik.


"Untuk menjaga kualitas, dipetik dua lembar daun saja setiap panen. Musim ini tidak ada kendala serangan hama, hasil panen lebih banyak yang bagus," jelas Muhadi, Kamis (5/9).


Hal senada juga disampaikan Kunto, petani lain di Desa Congkrang. Ia mengatakan bahwa saat ini banyak petani antusias kualitas dan kuantitas tembakau lebih baik dibanding musim tanam sebelumnya.


"Musim ini tanaman tak terganggu hama ataupun cauaca buruk. Kualitas jumlah tembakau lebih bagus dibanding tahun sebelumnya. Saat ini tembakau rajang kering di panen awal harganya sekitar Rp. 45 ribu per kilogramnya," jelas Kunto.


Menurut Kunto, puncak masa panen tembakau akan terjadi pada akhir September 2019. Selama cuaca tetap bagus, maka hasil panen akan terserap maksimal oleh gudang. 


"Minimal 10 kali setiap pohon bisa dipanen. Jika cuaca terus begini, kami bisa menjaga kualitas dan jumlah panen yang bagus," harapnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar