Petani Ngablak Rutin Donasi Sayur Bagi Warga Terdampak Covid-19

Dilihat 1871 kali
Petani Ngablak secara rutin mendonasikan sayur ke daerah-daerah terdampak covid-19 termasuk ke RS Merah Putih Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Petani di desa kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, secara rutin menyumbangkan sayur mayur hasil pertanian mereka sebagai wujud rasa kepedulian terhadap sesama di masa pandemi covid-19 saat ini.


Kepala Desa Ngablak, Anny Anggraeni mengungkapkan, karena hasil sayur di tempatnya sangat melimpah, ia mengajak karang taruna  berdonasi dalam bentuk aneka macam sayur. 


"Saya sampaikan kepada karang taruna, apakah memilih dibantu atau membantu. Ternyata luar biasa antusias mereka untuk memilih membantu daripada dibantu," kata Anny, Rabu (11/6/2020).


Akhirnya dengan semangat yang luar biasa, warga Ngablak berdonasi berupa sayur ke beberapa wilayah terdampak covid-19, baik di wilayah ataupun di luar Kabupaten Magelang.


Pihaknya juga terdorong untuk membantu aneka sayur ke Rumah Sakit Merah Putih karena kebetulan ada beberapa warganya yang pernah dirawat di sana. 


"Alhamdullilah setelah di-swab terakhir negatif sehingga hanya sebentar dirawat dan diperbolehkan pulang," kata wanita berparas cantik ini.


Jenis sayur yang didonasikan antara lain sawi putih, sawi caesim, kol, wortel, loncang seledri, timun, selada dan masih banyak jenis lainnya. Biasanya, warga mengirim sayur sebanyak satu colt untuk satu titik. Namun ada juga tempat yang minta dalam paketan. 


"Ada warga yang berdonasi dalam bentuk uang kemudian kami belikan sayur juga," ucapnya.


Menurut Anny, program donasi kepada warga ini akan berkelanjutan. Bahkan program ini juga disambut antusias oleh desa tetangga, sehingga mereka juga ikut menawarkan sayur jika pihaknya akan berdonasi.


Menurut Anny, beberapa wilayah yag sudah pernah dibantu antara lain Krincing Secang, Pandansari Mertoyudan, Muntilan, Pirikan Secang, Tempuran, Candimulyo, Grabag, Kota Magelang, bahkan sampai di Cebongan Salatiga dan Kupang Ambarawa.


Anny berharap, dengan program donasi sayur ini, bisa bermanfaat bagi warga khususnya yang terdampak covid-19. Karena sampai saat ini, pandemi covid-19 masih belum hilang di bumi Magelang khususnya, dan juga Indonesia umumnya.

                                                                                                                   

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar