Lebaran Makin Dekat, Titik Kemacetan Perlu Diwaspadai Pemudik

Dilihat 2728 kali
Suasana kemacetan di wilayah Artos Mall Magelang, Minggu (10/06)

BERITAMAGELANG.ID - Bagi anda yang hendak mudik atau melintasi Kabupaten Magelang selama libur lebaran, waspadai sejumlah titik rawan kemacetan akibat pasar tumpah maupun penyempitan jalan.

Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo mengatakan, titik rawan macet yang sebaiknya diantisipasi itu meliputi ruas jalan utama ke Yogyakarta, Semarang, Magelang, Temanggung dan Purworejo.

"Titik-titik rawan macet itu yakni simpang besar Artos, perbatasan Salam - Tempel, Muntilan, simpang Pal Bapang, dan Secang," jelas Hari, Minggu (10/06).

Kemacetan di simpang besar Artos terjadi lantaran jalur itu menjadi titik pertemuan semua kendaraan dari dan ke arah Yogyakarta, Semarang, Purworejo dan Kota Magelang.

Sementara, titik kemacetan di perbatasan Salam, Kabupaten Magelang dan Tempel, Kabupaten Sleman, terjadi akibat lampu merah di perempatan Tempel.

Sedangkan di wilayah Muntilan, titik kemacetan ada di jalur satu arah jalan Pemuda. 

"Aktivitas warga dan sebagian bahu jalan menjadi lokasi parkir memicu kemacetan di titik ini," lanjutnya. 

Di Palbapang, kemacetan akan terjadi karena penumpukan kendaraan dari tiga lampu merah.

Untuk pasar tumpah yang perlu diantisipasi adalah wilayah Krasak, Salaman dan Pasar Payaman, Secang.

Untuk mengurangi kemacetan dan kecelakaan, Polres Magelang telah menyediakan pelayanan Pos Pengamanan (Pospam) di sejumlah titik rawan tersebut.

"Untuk mengurangi kecelakaan kita mendirikan Pospam dengan pelayanan dan keamanan. Tersedia fasilitas kesehatan dan informasi," katanya.

Tak kalah penting adalah keberadaan tempat istirahat, terutama bagi para pemudik. Dalam hal ini Polres Magelang menyediakan fasilitas tambahan yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik.

"Kita juga menyediakan rest area di wilayah Secang yang representatif untuk pemudik dengan fasilitas pijat refleksi gratis," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar