Pesona Candi Pawon Menarik Untuk Dikunjungi

Dilihat 2678 kali
Pesona Candi Pawon yang berada di Dusun Brojonalan Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur tak kalah menarik untuk dikunjungi.

BERITAMAGELANG.ID - Keberadaan Candi Pawon di Dusun Brojonalan Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur berdiri persis di tengah Candi Borobudur dan Candi Mendut di Mungkid. Jika ditarik garis maka berjajar lurus Candi Borobudur-Candi Pawon-Candi Mendut.


Ciri khas Candi Pawon mempunyai relief Manusia Burung Kinara Kinari berdiri di bawah Pohon Kalpataru atau pohon kehidupan.


Untuk mendongkrak pengunjung Candi Pawon, Pemerintah Daerah menjadikan kunjungan satu paket antara Candi Pawon dan Candi Mendut. 


"Satu paket kunjungan atau satu tiket terusan untuk Candi Pawon dan Candi Mendut. Bisa beli tiket di Candi Pawon kemudian berkunjung ke Candi Mendut atau sebaliknya," kata petugas tiket Candi Pawon, Mufid.


Menurut Mufid, rata rata kunjungan wisatawan ke Candi Pawon, dalam sehari bisa 35 sampai 40 orang  mancanegara dan nasional. Jika musim liburan kunjungan meningkat menjadi 60 orang. 


"Memang kalah jauh jika dibandingkan dengan jumlah pengunjung Candi Borobudur, dikarenakan nama besar Candi Borobudur yang lebih populer. Meskipun untuk Candi Pawon dan Candi Mendut juga tak kalah menarik," ungkap Mufid.


Harga tiket masuk Candi Pawon dan Candi Mendut, mengalami kenaikan per 1 November 2019. 


Dimana sebelumnya harga tiket berdasarkan SK bersama tahun 2001, antara Balai Konservasi Borobudur dan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang, untuk wisatawan mancanegara harga tiket Rp3.000, wisatawan domestik Rp1.500, dan harga tiket pelajar/anak-anak Rp1.000.


Hal tersebut diubah per 1 November 2019, menjadi, harga wisatawan mancanegara Rp20.000, wisatawan domestik Rp10.000, dan pelajar/anak-anak Rp5.000.


"Jika masih merujuk pada harga tiket tahun 2001 maka pendapatan daerah tidak pernah memenuhi target. Dan harga tiket tersebut ditambah Rp500 untuk asuransi pengunjung," imbuh Mufid.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar