Pertunjukan Seni Tradisional Akan Digelar Virtual

Dilihat 2464 kali

BERITAMAGELANG.ID - Mulai tahun ini, penyelenggaraan event Pertunjukan Kesenian Tradisional yang rutin digelar Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang akan ditayangkan secara virtual dari Panggung Kesenian Tourist Information Center (TIC) Borobudur.

 

Pementasan virtual ini adalah kelanjutan dari jadwal pentas sebelumnya yang dilakukan secara terbuka sebelum terjadi pandemi covid-19. 


"Untuk itu akan kita lanjutkan kembali, namun tentu dengan cara virtual dan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19," kata Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein dalam keterangan rilisnya, Kamis (4/2/2021).


Husein mengatakan, pertunjukan kesenian dimaksud merupakan bagian dari pembinaan komunitas Ekonomi Kreatif sub sektor Seni Pertunjukan.


Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kesenian tradisional Kabupaten Magelang, meningkatkan promosi potensi wisata dan diharapkan dapat memberikan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan bagi komunitas kesenian dari penampilan kreatifitas seninya. 


"Pertunjukan akan dilaksanakan secara virtual tanpa penonton dari umum/ masyarakat dan menerapkan protokol kesehatan karena kondisi masih dalam pandemi covid-19," imbuh Husein. 


Kesenian akan ditampilkan setiap hari Minggu sepanjang 2021, pada pukul 11.00 - 12.00 WIB melalui live streaming / online media sosial Disparpora dan komunitas media online lainnya.


Diantaranya menampilkan kesenian tradisional seperti Soreng, Topeng Ireng, Jathilan, Kubro, Kuda Lumping dll, serta melibatkan juga sanggar-sanggar seni di Kabupaten Magelang.


Pertunjukan seni secara virtual ini turut didukung Komunitas Pesona Magelang, Genpi, PWI, KSBN, Dinas Kominfo, serta Disdikbud Kabupaten Magelang.


Pentas seni virtual dapat disaksikan melalui akun-akun instagram berikut:


@officialwisatamagelang

@magelang_raya

@magelanggayeng

@inimagelangku

@magelang

@borobudurnews

@plesiran_corp

@jelajah.magelang

@event_magelang

@masmbak.magelang

@magelangzone

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar