Pertolongan Pertama Psikologis, Langkah Awal Atasi Krisis Mental

Dilihat 372 kali
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Zaenal Arifin

BERITAMAGELANG.ID - Kelompok 81 KKN Reguler Dari Rumah UIN Walisongo Semarang mengadakan Webinar bertema "Mental Health Awareness : Psycological First Aid (PFA) Training". Webinar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kesehatan mental sedunia.

Dalam sambutannya sebagai Keynote Speaker, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Zaenal Arifin menyampaikan tentang pentingnya memahami kesehatan mental yang erat kaitannya dengan pikiran positif.

"Menjaga kesehatan mental itu erat kaitannya dengan pikiran positif dan kemampuan mengolah rasa," ujarnya, Sabtu (10/10/2020).

Narasumber utama Hikmatun Balighoh mengangkat Psychological First Aid (PFA) sebagai tema karena dianggap penting, terlebih selama pandemi covid-19.

"PFA merupakan langkah awal dalam menangani kesehatan mental yang dapat dilakukan berbagai kalangan," ungkapnya.

Lebih lanjut, psikolog klinis sekaligus dosen UIN Walisongo ini menyampaikan, PFA dapat dilakukan oleh siapa saja.

"PFA bukanlah sebuah sesi tanya jawab, intervensi maupun konseling, melainkan berupa pendampingan wajib dalam mendengarkan penyintas bicara," lanjutnya.

Ia berharap akan muncul pemahaman baru bagi semua peserta yang mengikuti acara ini.

"Diharapkan dapat meningkatkan kesehatan mental terlebih di era pandemi dan New Normal. Sebab PFA adalah cara tercepat dan terbaik yang dapat dilakukan siapa saja," tutupnya.

Psychological first aid (PFA) adalah tindakan suportif dan manusiawi, berupa dukungan sosial, emosional, atau praktis yang diberikan terhadap seseorang yang mengalami peristiwa krisis. Peristiwa kritis yang dialami menyebabkan seseorang mengalami penderitaan dan membutuhkan pertolongan karenanya. Peristiwa krisis yang terjadi seperti, kecelakaan, bencana alam, atau peristiwa traumatis lainnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar