Perpustakaan Muda Bhakti Terus Berinovasi Untuk Lomba Provinsi

Dilihat 848 kali
Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto merasa kagum dengan suasana baca di Perpustakaan Muda Bhakti yang menurutnya cukup nyaman dan rapi.

BERITAMAGELANG.ID – Memberikan dukungan penuh bagi Perpustakaan Muda Bhakti, Pejabat sementara (Pjs) Bupati Magelang, Tavip Supriyanto didampingi Plt. Kepala Perpustakaan Daerah, Endra Endah Wacana kunjungi langsung perpustakaan di lereng Merapi tersebut.

"Kami ingin melihat bagaimana pengelolaannya, bersama kita melihat aktivitas masyarakat sini dalam memanfaatkan perpustakaan yang ada di desa Ngablak ini," ungkap Tavip di sela kunjungannya ke Perpustakaan Muda Bakti Ngablak Srumbung Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/04).

Salah satu bentuk dukungan Pemkab Magelang, lanjut Tavip, untuk perpustakaan ini maju lomba tingkat provinsi adalah dengan datang langsung dan memberi support kepada Kepala Desa, para perangkat desa, dan pengelola perpustakaan, agar bisa mempersiapkan semua keperluan untuk penilaian, mulai dari SDM juga sisi sarana prasarana.

"Kami lihat sudah cukup bagus, cuma ada beberapa yang perlu kita perbaiki tadi seperti rak (buku) tadi (sedikit rusak) perlu kita benahi supaya tidak mengganggu adik-adik dalam beraktivitas di sini," imbuh Tavip.

Ketika pertama kali masuk dalam perpustakaan ini, Tavip mengaku kagum dengan koleksi buku yang cukup beragam. Menurutnya, gedung perpustakaan Muda Bakti sudah cukup nyaman dan ditata dengan rapih.

"Dari buku pelajaran, majalah, novel, bahkan buku-buku hantu (cerita horror) semua ada," seloroh Tavip.

Ke depan, ia berharap Perpustakaan Muda Bakti terus berinovasi agar lebih menarik dan mampu meningkatkan minat baca masyarakat, salah satunya dengan pengembangan buku bacaan digital agar bisa diakses dari mana saja. 

Selain itu, imbuh Tavip, ia ingin perpustakaan di desa Ngablak ini menjadi contoh referensi bagi desa-desa lain untuk mengembangkan perpustakaan semacam ini.

"Karena dengan kita membangun perpustakaan di desa-desa seperti di Ngablak ini adalah merupakan dukungan bahkan suatu kegiatan mencerdaskan masyarakat kita untuk bagaimana kita sadar bahwa belajar itu dengan membaca, membaca, dan membaca," tandasnya. 

Perpustakaan Muda Bhakti desa Ngablak Srumbung akan mewakili Kabupaten Magelang dalam lomba Perpustakaan dan Arsip tingkat provinsi dan menurut rencana akan didatangi tim penilai pada 23 April mendatang.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar