Perpustakaan Grabag Dibuka Kembali Untuk Pengunjung

Dilihat 1514 kali
Gedung Perpustakaan Umum Kecamatan Grabag, siap digunakan kembali
BERITAMAGELANG.ID - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi mengungkapkan minat baca masyarakat di Kecamatan Grabag dan sekitarnya cukup bagus. 

Sebelum pandemi Covid-19 kurang lebih ada 150-an pengunjung per bulan. Namun selama pandemi Covid-19 ada pembatasan kegiatan pelayanan, jumlah rata-rata kurang lebih 90 pengunjung per bulan. 

"Di tempat ini, fasilitas layanan yang kami berikan, diantaranya beragam koleksi bacaan buku pelajaran, ilmu pengetahuan, ilmu terapan, bacaan segala usia anak-anak sampai dewasa, tabloid, koran, free WiFi," ujar Bella saat menghadiri tasyakuran dipakainya kembali Gedung Perpustakaan Umum Kecamatan Grabag, Selasa (8/12/2020).

Sebelumnya, gedung ini mengalami kerusakan di beberapa bagian. Diantaranya, atap bocor dan belum ada tempat pelayanan khusus untuk anak-anak.

Selain itu, Perpustakaan Grabag ini juga belum memenuhi standar protokol kesehatan. Diantaranya belum ada wastafel untuk para pengunjung, tempat baca dengan pembatas mika dan ruang sirkulasi buku. 

"Setelah dilakukan renovasi selama satu setengah bulan, hari ini resmi bisa digunakan kembali," kata Bella.

Dalam kondisi normal, Perpustakaan Grabag buka setiap Senin-Kamis jam 07.30-14.00 WIB, Jumat sampai jam 11.00 WIB, dan Sabtu sampai jam 12.00 WIB. 

"Di masa pandemi Covid-19 ini sementara ada pembatasan jam pelayanan hari Senin-Sabtu hanya sampai jam 11.00 WIB,"  jelasnya.

Perpustakaan umum di Kecamatan Grabag ini, lanjut Bela, menjadi satu-satunya yang mendapat fasilitas perpustakaan umum tingkat kabupaten. Hal ini sebagai wujud komitmen pemerintah Kabupaten Magelang untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang literasi  

"Semoga dengan perbaikan dan semakin lengkap fasilitasnya, semakin meningkatkan minat baca masyarakat wilayah Kecamatan Grabag dan sekitarnya," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar