Kecamatan Mertoyudan Paling Diminati Untuk Lokasi Perumahan

Dilihat 3037 kali
Salah satu perumahan yang sedang dalam proses pembangunan, berada di wilayah Kecamatan Secang.

BERITAMAGELANG.ID - Perkembangan pembangunan perumahan di Kabupaten Magelang masih didominasi di wilayah kecamatan yang strategis, yaitu Mertoyudan, Secang dan Muntilan.


Meskipun tidak ada wilayah kecamatan yang dikhususkan untuk dibangun sebagai perumahan, mayoritas pengembang membidik tiga kecamatan tersebut.


"Kecamatan Mertoyudan paling banyak diminati pengembang perumahan," ucap Kasi Perencana dan Pengendalian Perumahan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Magelang, Fakhrudin, Rabu (29/1).


Menurut Fakhrudin, pembangunan perumahan juga dipengaruhi dari tingkat keamanan wilayah, terutama dari faktor bencana alam.


Belum ada aturan khusus yang mengatur pembangunan perumahan harus di kecamatan mana, tetapi pengembang juga sudah melihat faktor keamanan dari potensi bencana alam.


"Dalam hal ini jelas tidak boleh membangun perumahan dalam radius beresiko dari Gunung Merapi," ungkap Fakhrudin.


Adapun dalam tiga tahun ini, menurut data dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Magelang, rata-rata setiap tahunnya terdapat 10 perumahan baru.


"Rata-rata setiap tahunnya ada 10 perumahan baru, 50 persen perumahan terletak di Mertoyudan, sebagai daya tarik perkotaan dan strategis," papar Fakhrudin.


Dalam proses perizinan pengembangan perumahan, DPRKP berusaha agar tidak ada perumahan yang berdiri di atas daerah tangkapan air.


"Salah satu contoh daerah resapan air adalah di sekitar mata air. Dikhawatirkan juga resapan air kurang maka debit mata air juga berkurang," tutur Fakhrudin.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar