Kemenhub Bagikan Bus Sekolah Gratis Buat Pesantren

Dilihat 2703 kali
Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Irjen Pol Budi Setyadi, didampingi Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dan Anggota DPR RI Komisi V Ir. Sudjadi secara simbolis memberikan bantuan bis sekolah ke 5 Ponpes, Selasa (20/11).

BERITAMAGELANG.ID - Meningkatkan kualitas sektor pendidikan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia terus menggenjot aksesibilitas dan konektivitas peningkatan transportasi dan infrastruktur di daerah. Kabupaten Magelang menjadi salah satu daerah prioritas dari Program Nawacita Presiden Joko Widodo itu.

"Kita berterima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas bantuan bus sekolah untuk akses pelajar," kata Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Penyerahan Bantuan Bus Sekolah ke Pondok Pesantren yang digelar di Ponpes Darussalam Watucongol Muntilan, Selasa (20/11).

Menurut Bupati, Kabupaten Magelang sudah mendapat bantuan empat unit bus sekolah dari Kementerian Perhubungan.

"Sebelumnya di tahun 2013, Kabupaten Magelang mendapat bantuan tiga unit bus sekolah," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Irjen Pol Budi Setyadi berpesan agar bus sekolah bisa dimanfaatkan secara optimal untuk aksebilitas pendidikan.

"Kendaraan bus yang diserahkan agar dirawat, bisa dimanfaatkan secara optimal untuk membantu proses pendidikan pesantren. Harapannya juga bermanfaat bagi masyarakat sebagai syiar agama," jelasnya.

Dalam mempersiapkan kawasan strategis nasional di wilayah Kabupaten Magelang, Kemenhub juga terus menambah Penerangan Jalan Umun (PJU) ke semua Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di wilayah Borobudur. Demikian pula PJU di jalur utama mulai tugu perbatasan Provinsi Jawa Tengah Kecamatan Salam dan Kecamatan Tempel Sleman Yogyakarta hingga Candi Borobudur.

Dalam empat tahun terakhir, pihak Kemenhub terus juga terus meningkatkan aksebikitas dan konektivitas transportasi dan infrastruktur di daerah.

"Pelaksanaan pembangunan aksesibilitas transformasi sudah cukup besar. Sekitar 1.800 bus sekolah juga siap dibagikan ke sekolah, kampus dan pesantren di sejumlah daerah," pungkasnya.

Bantuan lima unit bus sekolah dari Kemenhub kali ini diberikan kepada Ponpes Darussalam Watucongol Muntilan; Ponpes Nurul Huda Andong Dusun Gogik Girirejo Ngablak; Ponpes Nida Al Quran Kedu Temanggung; Ponpes Sirrojurokhim Pingit Temanggung; dan Ponpes Nuril Anwar Maron Purworejo.

Kabupaten Magelang menjadi salah satu prioritas lantaran memiliki kawasan Strategis Nasional pengembangan pariwisata Candi Borobudur. Anggota Komisi V DPR RI, Ir. Sudjadi menuturkan program bantuan akan terus dilanjutkan.

"Harga per bus 700 juta (rupiah). Harapannya bantuan dari Kemenhub terus berlanjut di tahun depan 2019," ujar Sudjadi.

Tidak hanya transportasi, DPR juga mendorong pembangun sarana penunjang pendidikan lainnya.

"Kita juga berusaha membangun rumah susun sewa (Rusunawa) santri. Melalui Kementerian Perhubungan serta PUPR kita juga membangun akses jembatan, penerangan jalan. Pembangunan akses makam bersejarah di sejumlah pesantren di Magelang," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar