Peringati HKBN 2023, Rumah Zakat Adakan Uji Renkon dan Simulasi Kebencanaan di Desa Polengan

Dilihat 1430 kali
Uji Renkon dan Simulasi Kebencanaan warnai HKBN 2023 bertempat di Polengan Edupark

BERITAMAGELANG.ID-Desa Polengan Kecamatan Srumbung merupakan desa yang berada di KRB 2 lereng gunung Merapi, wilayah yang termasuk daerah rawan bencana. Dalam rangka meperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2023, Relawan bersama Rumah Zakat melaksanakan kegiatan Uji Renkon dan Simulasi Kebencanaan di Desa Polengan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa 9 Mei 2023 yang bertempat di Polengan Edupark Desa Polengan.

Peringatan hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2023 ini dikemas menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat desa Polengan dengan uji renkon dan simulasi kebencanaan. Hadir pada kegiatan ini Forkompimcam Kecamatan Srumbung , BPBD Magelang, lembaga penanggulangan bencana desa dan sekitar 50 warga Desa Polengan,

Camat Srumbung Budi Riyanto, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada relawan dan Rumah Zakat yang sudah menfasilitasi pelaksanaan kegiatan peringatan HKBN ini.

"Kami mengucapkan terimakasih sekali kepada mbak Martini selaku Relawan Inspirasi Rumah Zakat, yang sudah menfasilitasi penuh kegiatan ini, kegiatan yang bagus sekali, sangat bermanfaat untuk masyarakat, semoga bisa memotivasi untuk desa lain agar melaksanakan kegiatan yang serupa," ungkap Budi Riyanto.

Sementara itu dalam agenda yang di pimpin Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, M. Muzammil selaku pemateri menyampaikan rencana Kontijensi bencana erupsi Gunung Merapi. Disamping itu untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat wilayah KRB 2, juga dilakukan simulasi kesiapsiagaan menghadapi bencana erupsi Gunung Merapi yang hingga saat ini masih berstatus siaga.

"Ini moment langka, mari kita manfaatkan dengan maksimal karena kegiatan seperti ini tidak banyak desa yang melakukan, Rumah Zakat sudah menfasilitasi kita, jadi mari kita optimalkan untuk mensupport program kebencanaan di wilayah kita," kata Muzammil.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar