Peringati Hari TBC Sedunia, Warga Dilibatkan Tekan Jumlah Penderita

Dilihat 71 kali
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Duta Besar AS untuk Indonesia dalam Peringatan Hari TBC Sedunia di Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (10/03)

BERITAMAGELANG.ID - Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia bersama Gubernur Jawa Tengah memperingati Hari Tuberkolosis (TB) Sedunia di Taman Lumbini Komplek Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (10/03).


Dengan pameran edukasi TBC bertema ‘A Story Of Hope’, peringatan ini menandai hubungan kemitraan Pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia dalam memerangi TBC sekaligus keberlanjutan program Indonesia bebas penyakit mematikan itu pada 2030.


"Penemuan kasus sampai saat ini belum menggembirakan, maka kita prioritaskan daerah-daerah dengan populasi yang padat terlebih dahulu, tanpa mengecilkan daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa," kata Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan Dr. Anung Sugihantono di sela acara tersebut yang diselenggarakan di Candi Borobudur, Minggu (10/03).


Ia menyebutkan, data terakhir temuan kasus TBC di Indonesia, sekitar 842 ribu kasus. Indonesia masuk urutan ketiga terbesar kasus itu setelah India dan China. Data hingga 2017, angka kematian di Indonesia karena TBC mencapai 110.000 jiwa.


Sejak 1999, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama Pemerintah Daerah termasuk Jawa Tengah dan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia melalui USAID telah bekerja sama memerangi penyakit TBC.


Sejumlah daerah lain di Indonesia yang menjadi prioritas untuk penemuan kasus tersebut, antara lain Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimanten Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.


"Upayanya salah satunya melacak kasus, kalau dinyatakan positif oleh dokter akan ditanya siapa di rumah itu, siapa teman main, siapa yang biasa bergaul dengan saya. Itulah, diupayakan pelacakan TBC," katanya.


Sementara itu, menurut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, jumlah kasus tuberculosis (TBC) di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 lalu mencapai 49.616 kasus. Jumlah ini masih relatif tinggi dengan program penanganannya terus dilakukan..


"Tahun 2018, ada sebanyak 49.616 penderita tuberculosis di Jawa Tengah, dengan case notification sebanyak 143 kasus per 100 ribu. Jumlah penemuan kasus TBC di Jawa Tengah memang meningkat. Kami harus segera lakukan upaya untuk menekannya," tegas Ganjar.


Untuk mengendalikannya, sejak 2003, selain regulasi, Pemprov Jateng juga menempatkan seluruh lapisan masyarakat menjadi penyuluh, sehingga bekerja secara efektif.


"Ini sebagai bentuk keseriusan kita untuk menanggulangi TBC di seluruh Jawa Tengah, melalui Pergub Aksi Daerah Penanggulangan TBC, setelah edaran kita bikin regulasinya. Melalui semua itu Jateng jadi wilayah penyangga eliminasi TBC nasional. Contohnya, Surakarta yang sudah ada aksi daerah eliminasi TBC. Ada inisiasi antara Pemda dan kelompok masyarakat yang serius menanggulangi masalah ini," katanya.


Upaya lain adalah dengan menggerakkan para ibu kader PKK untuk dapat masuk ke keluarga-keluarga, memberikan edukasi terhadap penyakit TBC. Ada juga Saka Bhakti Husada, yang menjadi juru berkampanye, berkeliling dari wilayah ke wilayah di daerah untuk menjadi penyuluh kesehatan akan bahaya TBC di masyarakat.


Sementara itu, Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) sendiri memperkirakan di tahun 2018, 10 juta jiwa terjangkit TBC, yang menyebabkan kematian 1,3 juta jiwa di dunia, dan 100 ribu jiwa di Indonesia. Angka ini dinilai masih cukup tinggi.


"Banyaknya korban yang terjangkit TBC, juga mereka yang meninggal yang juga sebagian merupakan warga Indonesia, membuat TBC menjadi ancaman serius yang mesti diperangi," ujar Duta Besar Amerika Serikat, Joseph R. Donovan. 


Peringatan Hari Tuberkolosis Sedunia ini juga menandai 70 tahun hubungan diplomatik Pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia. Selain itu, peringatan ini juga menandai 20 tahun kemitraan Pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia dalam memerangi penyakit TBC.


Selain di Candi Borobudur, pameran A Story Of Hope juga akan digelar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Erasmus Huis Jakarta, pada pertengahan Maret hingga April ini. Pameran ini juga akan digelar di empat provinsi di indonesia dengan penderita TBC terbanyak yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara dan Papua.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar