Peringati Hari Lingkungan Hidup dengan Aksi Pungut Sampah

Dilihat 873 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sarifudin gelar aksi pungut sampah saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ke-50 tingkat Kabupaten Magelang, Jumat (24/6/2022).


Iwan Sutiarso menyampaikan, Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada permasalahan kerusakan lingkungan yang semakin parah dan sebagian besar disebabkan karena ulah manusia. 


Akibat kecerobohan manusia itu sendiri menimbulkan musibah bencana alam diantaranya, banjir di musim penghujan, hawa panas dan bencana kekeringan di musim kemarau, yang disebabkan karena semakin berkurangnya jumlah pepohonan penyuplai oksigen, semakin sedikitnya ruang resapan/tangkapan air dan matinya sumber mata air di pegunungan. 


Menurutnya, penggunaan bahan bakar kendaraan serta asap dari cerobong pabrik juga berkontribusi pada polusi dan pencemaran udara sehingga menurunkan kualitas udara yang dihirup sehari-hari.


"Jika hal ini tidak disikapi dengan bijak sedini mungkin, bukan tidak mungkin alam akan memberikan bencana yang lebih parah lagi kepada kita. Bahkan berdasarkan hasil penelitian, pada tahun 2040 mendatang, akan terjadi krisis air di Pulau Jawa yang memicu terjadinya konflik air," kata Iwan Sutiarso.


Iwan menekankan kondisi TPA Pasuruan dan TPA Klegen di Kabupaten Magelang saat ini mengalami overload, bahkan sudah dilakukan penutupan pada TPA Klegen sejak 2020.


Oleh karena itu, ia mengimbau agar pengelolaan sampah dapat diselesaikan di desa masing-masing dengan mengoptimalkan kinerja TPS3R dan bank sampah di desa, dengan memilah sampah dari sumbernya atau dari rumah masing-masing. 


"Saya mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Magelang untuk secara bersama-sama berperan aktif ambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan, serta mari jadikan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini sebagai momentum untuk bahu membahu menjaga kelestarian alam dan bumi ini, karena kita adalah satu manusia dan kita hanya memiliki satu bumi," ujarnya.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Sarifudin menyampaikan bahwa dengan mengangkat tema 'Only One Earth' (Hanya Satu Bumi) ia berharap mampu meningkatkan peranan masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk menjaga lingkungan yang didasarkan atas kesadaran dan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. 


Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2022 ini diikuti 547 orang dari unsur ASN, TP PKK, Dharma Wanita Persatuan Bank Sampah, TPS3R, Fasilitator Bank Sampah, Sekolah atau Madrasah Adiwiyata dan Dunia Usaha se-Kabupaten Magelang.


"Acaranya macam-macam diantaranya ada senam pagi, pembagian doorprize, dan yang paling penting acaranya adalah bersih-bersih atau memungut sampah dari depan Masjid An Nur sampai dengan Lapangan drh Soepardi untuk menjaga kelestarian lingkungan," jelas Sarifudin.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar