Sedekah Bibit Pohon, Bentuk Kontribusi Peduli Lingkungan

Dilihat 1280 kali
Pj Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto menyerahkan penghargaan pada 12 pegiat lingkungan hidup

BERITAMAGELANG.ID - Penjabat Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menyerahkan tropi dan penghargaan terkait Kalpataru dan Program Kampung Iklim (Proklim) kepada 12 orang penggiat lingkungan hidup di wilayahnya.


Ia mengapresiasi kepada masyarakat yang peduli dan berkontribusi terhadap lingkungan hidup di Kabupaten Magelang.


"Mari kita jaga bersama-sama lingkungan kita agar dapat mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.


Termasuk kreativitas masyarakat mengolah sampah melalui bank sampah terus dikembangkan agar berdampak kesejahteraan bagi masyarakat," papar Adi di sela peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sekaligus Halal Bihalal bagi keluarga besar DLH Kabupaten Magelang, Rabu (26/6), di GOR Gemilang Komplek Setda Magelang.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang Tri Agung Sucahyono, menambahkan, Kabupaten Magelang memiliki bank sampah terbanyak di Jawa Tengah.


"Ada 600 lebih kelompok Bank Sampah. Target tahun 2020 adalah 1.000 kelompok Bank Sampah yang peduli dengan lingkungan," ucap Tri Agung.


Dalam kegiatan yang turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup, PJ Sekda Kabupaten Magelang dan pegawai DLH Kabupaten Magelang tersebut, Tri Agung menambahkan, pihaknya juga akan menggencarkan program kampung iklim (Proklim) di setiap desa, dimana hal tersebut sesuai dengan intruksi Bupati Nomor 199 tentang Proklim.


"Dengan demikian, masyarakat di tingkat desa peduli dengan lingkungan, seperti menjaga mata air, kebersihan lingkungan, tekan pencemaran udara, air, tanah dan sebagainya.


Juga kaitannya intruksi Bupati Nomor 2 Tahun 2019 tentang Program Kampung Iklim di tingkat kecamatan, selain di tingkat desa tentunya," lanjutnya.


Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2019 tentang Bank Pohon, yang merupakan program satu-satunya di Jawa Tengah.


"Program Bank Pohon ini luar biasa karena seluruh pegawai ASN kalau naik pangkat, kenaikan gaji berkala, naik dari calon pegawai menjadi PNS dan lain-lain diminta untuk sedekah menyumbang minimal satu bibit pohon.


Saat ini telah terkumpul 5.000 lebih bibit pohon, bagi yang membutuhkan bibit pohon untuk kegiatan sekolah, kantor atau kemasyarakatan bisa mengajukan permohonan kepada Bupati dengan tembusan ke DLH Kabupaten Magelang," ujarnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar